Kompas.com - 11/03/2021, 08:07 WIB
Ilustrasi diet. SHUTTERSTOCKIlustrasi diet.

KOMPAS.com - Banyak orang yang menggangga diet hanyalah wacana. Padahal, hampir setiap awal tahun keinginan menurunkan berat badan menjadi resolusi banyak orang. Namun, belum menginjak bulan Februari, usaha diet sudah dilupakan. 

Ada banyak alasan mengapa diet selalu berakhir gagal, misalnya karena pekerjaan yang mengharuskan kita menjamu klien di restoran enak, hingga tak sempat olahraga.

Simak 6 kesalahan besar  lain dalam diet yang perlu diketahui dan cara menyiasatinya sehingga target berat badan yang diinginkan bisa tercapai.

1. Memiliki sikap jangka pendek

Semua yang ada dalam daftar usaha penurunan berat badan memang terkesan sulit, tapi bukan tidak mungkin. Untuk itu kamu perlu mengubah sikap menjadi berorientasi jangka panjang. 

Ini sangat umum terjadi ketika memulai diet ketat seperti keto atau paleo, atau diet  yang menjanjikan penurunan berat badan dengan cepat. Mungkin berat badan cepat turun, tapi cepat juga kembali ke bobot semula, bahkan lebih.

Baca juga: Berbagai Diet Ekstrem yang Tidak Disarankan untuk Dicoba

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Padahal kenyataannya, diet seimbang yang mencakup semua kelompok makanan dan bahkan tidak pantang beberapa camilan, bekerja paling baik dalam jangka panjang.

Melakukan diet ekstrem, olahraga berlebihan, dan "detoksifikasi" biasanya tidak akan efektif untuk mencapai resolusi diet.

Tidak ada solusi cepat. Menurunkan berat badan membutuhkan dedikasi pada rencana yang mendukung kebiasaan sehat jangka panjang.

Menurut penilitian, kita bisa menurunkan berat badan tanpa kehilangan terlalu banyak air atau jaringan tanpa lemak sekitar 0,5- 1 kilogram per minggu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.