Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita di AS Sakit Hepatitis B Setelah Tindik Hidung

Kompas.com - 11/03/2021, 12:25 WIB
Gading Perkasa,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Today

KOMPAS.com - Piercing, atau menindik bagian tubuh tertentu kembali menjadi tren. Tidak terbatas pada telinga, orang-orang saat ini lebih banyak memilih untuk menindik di bagian hidung mereka.

Namun, salah satu kasus tindik hidung yang terjadi di Amerika belum lama ini mungkin bisa membuat kita berpikir ulang untuk memilih tempat tindik sembarangan.

Salah seorang wanita yang melakukan tindik di lubang hidung dikabarkan mengalami kondisi darurat dan harus dibawa ke rumah sakit karena gagal hati.

Hal itu disebutkan dokter yang menangani pasien wanita tersebut. Dokter mempercayai tindik hidung adalah sumber infeksi hepatitis B yang melukai organ hati pasien.

Alhasil, pasien mengalami pembengkakan otak dan kompilasi yang membahayakan nyawanya, sehingga dia membutuhkan transplantasi hati.

Baca juga: 9 Penyebab Hepatitis B yang Perlu Diwaspadai

"Jika saya menunggu hari lain untuk mendapatkan bantuan, peluang saya bertahan hidup sangat tipis," kata pasien asal Queens, New York, AS bernama Dana Smith kepada Today.

Dr Lew Teperman, direktur transplantasi organ di Northwell Health di Long Island, New York yang memberikan perawatan kepada Smith menjelaskan kondisi pasiennya.

"Dia berada dalam kesulitan yang sangat besar. Merupakan keajaiban kami bisa mendapatkan organ hati tepat pada waktunya," tutur Teperman.

Smith menerangkan, dia dalam kondisi sehat ketika memutuskan untuk menindik hidungnya pada hari Thanksgiving tahun lalu.

Dia juga sudah memikirkan tindik hidung selama beberapa tahun terakhir. Ketika temannya juga ingin menindik hidung, Smith merasa itu adalah waktu yang tepat baginya untuk ikut melakukan hal yang sama.

Temannya memilih salah satu body piercing studio di sebuah pusat perbelanjaan, dan Smith mempunyai kenalan yang pernah memasang tindik di sana.

Baca juga: 6 Gejala Hepatitis B yang Perlu Diwaspadai

Halaman:
Sumber Today
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com