Kompas.com - 11/03/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Red wine banyak dipercaya sebagai minuman yang dapat membantu menurunkan berat badan. Namun banyak pula anggapan jika kandungan kalori dan gulanya tinggi sehingga berdampak buruk pada bobot tubuh.

Seperti apa kebenarannya?

Alkohol identik dengan minuman yang dapat memicu kenaikan badan. Namun, banyak yang beranggapan jika minuman fermentasi anggur merah ini malah dapat membantu diet yang sedang dijalani.

Ada banyak aspek yang bisa menentukan klaim tersebut. Misalnya saja, sebotol red wine mengandung kalori yang sebagian besar datang dari alkohol.

Selain itu, minuman ini juga mengandung kadar gula hasil dari proses pembuatannya. Biasanya jumlahnya bisa berbeda tergantung merk minuman yang kerap dinikmati saat fine dining ini.

Baca juga: Pelayan Restoran Keliru, Tuang Red Wine Vintage Seharga Rp 83 Juta

Namun, sebotol wine ini juga memiliki beberapa kandungan positif yang baik. Misalnya saja seperti senyawa resveratrol dan antioksidan lainnya yang dapat mengontrol gula darah, kesehatan jantung dan peradangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Senyawa flavonoid yang juga ada di dalamnya membuat minuman ini jadi menu diet yang kerap diaplikasikan di kawasan Mediterania.

Banyak yang mengklaim jika hasil diet dengan red wine lebih signifikan dibandingkan diet ala Amerika. Oleh sebab itu, konsumsi anggur merah dalam kadar sedang dinilai dapat mengurangi kenaikan berat badan.

Sayangnya, banyak pula penelitian yang tidak mendukung klaim ini atau sebaliknya. Riset pada 29 orang obesitas misalnya tidak menunjukkan adanya pengaruh antioksidan red wine pada kadar gula darah.

Namun penelitian lain juga menunjukkan jika minuman beralkohol ini dalam jumlah sedang dapat meningkatkan kontrol gula dalam darah. Hal yang mempermudah seseorang mengatur berat badannya.

Baca juga: Inikah Anggur Termahal di Dunia?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.