Kompas.com - 11/03/2021, 15:49 WIB
Ilustrasi susu. FREEPIK/JCOMPIlustrasi susu.

KOMPAS.com - Susu sapi merupakan minuman yang bermanfaat bagi kesehatan. Ada beberapa jenis susu sapi, salah satunya susu sapi A2.

Susu sapi A2 memiliki kandungan seratus persen beta-kasein A2. Beta-kasein adalah protein penting di dalam susu semua mamalia.

Berbeda dengan susu sapi A1 yang banyak beredar di pasaran, susu sapi A2 diklaim memberikan manfaat lebih baik bagi kesehatan.

Profesor Keith Woodford mengungkapkan fakta-fakta terbaru terkait susu sapi A2 yang sifatnya lebih mudah dicerna dibanding susu sapi A1.

Profesor Kehormatan Sistem Agri-Food dari Lincoln University, Selandia Baru itu menerangkan, susu sapi A2 dapat mengurangi risiko penyakit serius dan lebih baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Baca juga: Susu Sapi atau Susu Kedelai, Mana yang Paling Baik untuk Tubuh?

Lebih lanjut dia menjelaskan perbedaan susu sapi A1 dengan susu sapi A2.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Beta-kasein A1 dicerna secara berbeda dibandingkan dengan beta-kasein A2 karena melepaskan fragmen."

Demikian kata Woodford dalam konferensi pers virtual bertajuk "A2 Cow Milk is a Dairy Revolution: The Health Reasons Why It Is Important" beberapa waktu lalu.

Fragmen yang dilepaskan oleh beta-kasein A1 adalah beta-casomorphin-7 (BCM-7). Fragmen tersebut dapat menyebabkan timbulnya sejumlah masalah kesehatan pada tubuh.

Mulai dari masalah pencernaan yang reaksinya mirip dengan intoleransi laktosa, penyakit jantung, diabetes tipe 1, serta autoimun.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.