Kompas.com - 12/03/2021, 10:09 WIB
Ilustrasi tanaman kaktus. PIXABAY/MILIVIGEROVAIlustrasi tanaman kaktus.

KOMPAS.com - Kaktus menjadi salah satu tanaman yang belakangan banyak dilirik masyarakat sebagai penghias rumah. Bentuknya yang unik dan perawatan yang mudah menjadi daya tarik utamanya.

Tanaman ini berasal dari wilayah Amerika, khususnya di Meksiko yang dikenal sebagai daerah gurun dengan suhu yang panas.

Berasal dari bahasa Yunani, kaktos yang berarti tanaman berduri ini sangat kuat menghadapi kekeringan. Caranya dengan menyimpan air sebagai sumber makanan di daunnya yang serupa duri itu.

Hal ini pula yang membuat kita tak perlu terlalu sering menyiramnya. Kaktus juga tahan jika disimpan di bawah sinar matahari sehingga amat cocok ditanam di Indonesia.

Karena itu sekarang tanaman kaktus maupun jenis sukulen lainnya amat digemari. Kebanyakan yang memeliharanya adalah mereka yang sibuk sehingga tak sempat merawat tanaman dengan intens.

Sebelum mulai ikut tren memelihara kaktus, ada baiknya memahami berbagai hal penting soal tanaman ini.

Baca juga: Cerita Rumah Fenita Ari yang Penuh dengan Kaktus, Mau Tiru?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Setidaknya ada 5 hal terkait tanaman hias yang perlu dipahami pemula sebagaimana dilansir dari House Beautiful antara lain:

  • Bisa bertahan ratusan tahun

KaktusITALIANBARK Kaktus
Tanaman kaktus memiliki usia yang sangat panjang hingga ratusan tahun lamanya. Namun usia ini hanya bisa dicapai jika tumbuh liar di daerah aslinya.

Sedangkan kaktus hias yang kita tanam secara indoor biasanya hanya memiliki usia hingga 10 tahun saja. Umurnya bisa sedikit lebih lama jika kita merawatnya dengan benar.

Hanya saja biasanya tampilannya memang tidak semenarik ketika pertama kali dibeli. Pasalnya setiap goresan atau cacat selama masa hidupnya akan berbekas dan mengurangi keindahannya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.