Kompas.com - 12/03/2021, 14:38 WIB
Ilustrasi teh melati. SHUTTERSTOCKIlustrasi teh melati.

KOMPAS.com - Bunga melati punya keharuman yang begitu khas. Ketika dijadikan teh, aroma bunga melati yang menenangkan juga masih begitu terasa.

Teh melati dibuat dari bunga melati putih yang dikeringkan, kemudian ditempatkan bersama dengan daun teh kering agar aromanya meresap.

Ada beberapa manfaat bunga melati untuk kesehatan, seperti meredakan stres, menyehatkan pencernaan, mengurangi sakit menstruasi, dan lainnya, yang bisa didapatkan dengan berbagai cara penggunaan, mulai dari dibuat teh, diaplikasikan sebagai losion atau parfum, hingga dari minyak esensial.

Satu lagi manfaat yang mungkin didapatkan dari bunga melati ketika dikonsumsi dalam bentuk teh adalah membantu mempercepat penurunan berat badan. Benarkah demikian?

Mempercepat metabolisme

Menurut Healthline, minum teh melati mungkin membantu menurunkan berat badan dengan cara mempercepat metabolisme tubuh.

Faktanya, sebuah ulasan dari beberapa studi menyebutkan bahwa teh hijau, bahan dasar paling umum dari teh melati, bisa mempercepat metabolisme tubuh hingga 4-5 persen dan meningkatkan pembakaran lemak hingga 10-16 kalori.

Meskipun peningkatan 4-5 persen terlihat tidak begitu signifikan, namun itu bisa sama dengan membakar kalori ekstra hinggga 70-100 kalori per harinya, lho.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sifat pembakaran lemak teh melati berkaitan dengan kandungan kafein dan polifenol EGCG. Kedua senyawa ini juga dapat meningkatkan efek pembakaran lemak satu sama lain.

Sementara itu, laman LiveStrong menyoroti kemampuan teh hijau dalam teh melati yang dapat membantu meningkatkan jumlah otot tanpa lemak di tubuh kita jika kita melakukan latihan ketahanan (resistance training).

Minum teh melati juga diyakini mampu membantu mengurangi persentase massa lemak secara keseluruhan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.