Kompas.com - 12/03/2021, 16:38 WIB
Kaktus bisa dimanfaatkan sebagai cemilan dan pelengkap spa Pixabay/Chris1947Kaktus bisa dimanfaatkan sebagai cemilan dan pelengkap spa

KOMPAS.com - Banyak yang beranggapan kaktus adalah tanaman yang membosankan karena umumnya hanya berwarna hijau dan berdaun duri.

Padahal, ada pula jenis kaktus yang memiliki bunga yang cantik. Beberapa diantaranya bisa didapatkan dengan mudah di penjual tanaman hias.

Namun, memang tidak mudah merawat tanaman ini agar bisa berbunga. Apalagi jika ditanam secara indoor dalam pot yang mungil maka akan semakin sulit untuk bisa memunculkan bunganya.

Tanaman asal Meksiko ini perlu berada dalam kondisi yang ideal sesuai dengan daerah asalnya agar bisa berkembang sempurna. Cuaca panas dan kering bisa sangat mendukung proses pembentukan bunganya.

Baca juga: Cara Tepat Merawat Tanaman Bunga Wijaya Kusuma

Bunga Wijaya Kusuma sedang mekar.SHUTTERSTOCK Bunga Wijaya Kusuma sedang mekar.

  • Wijaya kusuma

Tak banyak yang menyadari jika tanaman ini masuk dalam keluarga kaktus. Wijaya kusuma juga punya nama lain zig-zag kaktus karena bentuk daunnya yang unik.

Menariknya, masyarakat Jawa khususnya percaya jika bunga ini dapat membawa keberuntungan.

Apalagi jika kita sempat menyaksikannya mekar secara langsung. Bunga dari tanaman ini sendiri hanya mekar di waktu-waktu tertentu.

Bunganya yang berwarna putih dan merah muda hanya mekar di malam hari dan bertahan selama satu hari saja. Tak heran jika masyarakat dahulu kala kerap menantikan kesempatan langka bunga ini mekar.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Mulai Memelihara Kaktus

Kaktus hias yang juga bisa berbunga yakni berjenis ariocarpus. Bentuknya unik dengan warna bunga yang beragam mulai dari kuning, pink, putih dan merah.

Daunnya berbentuk prisma yang melengkung dengan indahnya. Keunikan lainnya ialah jenis kaktus ini tidak berduri sehingga kita terhindar dari kemungkinan tertusuk.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X