Kompas.com - 12/03/2021, 18:50 WIB
Ilustrasi penumpang pesawat memakai masker selama penerbangan. SHUTTERSTOCK/Thanakorn.PIlustrasi penumpang pesawat memakai masker selama penerbangan.

KOMPAS.com - Bepergian di tengah pandemi membutuhkan perhatian yang lebih detail dan hati-hati daripada sebelumnya. Termasuk saat pergi menggunakan pesawat terbang.

Saat ini harga tiket pesawat tergolong murah. Hal ini mendorong sebagian orang untuk melakukan perjalanan.

Tapi tentunya, sebelum merencanakan perjalanan, pertimbangkan setiap kemungkinan yang bisa terjadi. Tujuannya demi menjaga keamanan dan menghindari risiko terpapar virus.

Menurut dokter perawatan paru dan penyakit kritis Joseph Khabbaza, MD, selama penerapan protokol kesehatan dilakukan dengan baik, itu dapat meminimalkan risiko tertular Covid-19.

"Tetap jaga jarak dan memakai masker di sekitar orang lain. Selain itu, jaga tangan tetap bersih dan jangan menyentuh mata, hidung, atau mulut ketika tangan sedang kotor," kata Dr. Khabbaza.

Baca juga: Diungkap, Pola Penularan Covid-19 di dalam Kabin Pesawat

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika hendak bepergian dengan pesawat terbang, ingatlah untuk selalu fokus melindungi diri sendiri. Terlebih sebelum naik pesawat banyak prosedur yang harus dilewati.

Mulai dari pemeriksaan keamanan, pemeriksaan dokumen, proses check-in, hingga proses boarding untuk masuk ke pesawat.

Ini meningkatkan kemungkinan tangan menyentuh permukaan yang sering disentuh banyak orang. Selain itu, selama melewati prosedur kita juga dipertemukan dengan banyak orang.

Ingatlah untuk sering-sering mencuci tangan dengan air dan sabun serta menjaga jarak dari orang lain. Bila tidak memungkinkan untuk mencuci tangan, gunakan hand sanitizer.

Lalu saat berada di dalam pesawat, jangan juga lalai menerapkan protokol kesehatan. Sebab kita tidak tahu kondisi kesehatan penumpang lain yang duduk di sebelah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.