Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10.000 Langkah Tiap Hari Cukup untuk Buat Tubuh Sehat, Ya atau Tidak?

Kompas.com - 13/03/2021, 10:37 WIB
Intan Pitaloka,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Berjalan 10.000 langkah menjadi aktivitas populer semenjak adanya pandemi Covid-19. Hal ini dikarenakan banyaknya masyarakat dunia yang tiba-tiba merubah pola hidupnya untuk menjadi lebih sehat.

Berjalan 10.000 langkah ini dianggap sebagai bentuk olahraga yang praktis dibandingkan harus lari, gym, renang, atau jenis olahraga lainnya.

Pasalnya 10.000 langkah ini bisa dilakakukan dengan hal-hal kecil seperti memilih berjalan ke tempat kerja, parkir lebih jauh, atau menaiki tangga.

Namun, apakah benar melakukan 10.000 langkah setiap hari cukup untuk menjaga kesehatan tubuh? Nyatanya 10.000 langkah sehari bukanlah satu-satunya ukuran membuat tubuh sehat.

"Setiap orang berbeda dan memiliki gaya hidup, tingkat aktivitas, dan tujuan yang unik. Masuk akal jika tidak semua orang membutuhkan olahraga yang sama setiap hari agar sehat,"

"Ini tergantung pada tujuan individu dan masalah kesehatan masing-masing orang," kata Profesor Paul Gordon, seorang ahli fisiologi olahraga dan ketua Departemen Kesehatan, Kinerja dan Rekreasi Manusia Universitas Baylor.

"Rata-rata orang akan mengambil antara 3.000 dan 6.000 langkah sepanjang hari dari perjalanan pulang pergi, berbelanja, dan lainnya. Dengan menambahkan 30 menit latihan (kira-kira 3.000 langkah) maka akan menjadi sekitar 10.000 langkah," katanya. 

Menurut Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan, kita memerlukan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik sedang (seperti jalan cepat atau berenang) atau 75 menit aktivitas berat (seperti lari atau kelas menari) setiap minggu.

Baca juga: Jalan 12.000 Langkah Per Hari Lebih Efektif Turunkan Berat Badan

Department of Health and Human Services (DHHS) juga merekomendasikan untuk melakukan latihan kekuatan (seperti mengangkat beban, atau melakukan latihan yang menggunakan berat badan anda sendiri) dua kali seminggu.

Jika anda memiliki tujuan untuk menurunkan berat badan, anda perlu berolahraga lebih dari 150 menit untuk mencapai resolusi tersebut.

Dalam artikel Penyakit Dalam JAMA juga menunjukkan bahwa ada "dasar ilmiah terbatas" yang mendukung klaim perlunya 10.000 langkah per hari untuk kesehatan.

Tetapi dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa orang yang mengambil lebih banyak langkah per hari (selama periode empat tahun) memiliki tingkat kematian yang lebih rendah daripada yang mengambil lebih sedikit langkah.

Untuk menghitung seberapa banyak langkah anda dalam sehari, kita bisa menggunakan Fitbit, Apple Watch, atau jam tangan pintar lainnya.

Gordon mengungkapkan bahwa 10.000 langkah bukanlah ukuran terbaik dari aktivitas fisik, kita masih perlu melakukan aktivitas olahraga lainnya. 

Ia juga merekomendasikan untuk menggunakan monitor detak jantung untuk membantu  mengukur intensitas latihan. Karena, akan menjadi kurang efektif jika melakukan 10.000 langkah perhari tapi tidak ada peningkatan detak jantung yang signifikan.

Rutinitas olahraga yang seimbang bisa terlihat dengan melakukan aktivitas yang meningkatkan detak jantung seperti lari, yoga, dan lainnya.

Baca juga: Target Berjalan 10.000 Langkah Sehari Sulit? Ganti Saja dengan Ini...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com