Kompas.com - 14/03/2021, 08:39 WIB
Salah satu butik Hermes. SHUTTERSTOCKSalah satu butik Hermes.

KOMPAS.com - Pada beberapa tahun terakhir, semakin banyak pelaku industri fesyen yang mulai bergeser ke material yang lebih ramah lingkungan.

Rumah mode Hermès adalah salah satu yang mulai bergerak menuju material alternatif kulit yang ramah lingkungan dan ini diwujudkan melalui tas ikoniknya, Victoria.

Melansir Hypebeast, Hermès merancang ulang tas Victoria mereka dengan "kulit" berbahan dasar jamur.

Rumah mode asal Perancis itu bermitra dengan perusahaan rintisan yang berbasis di California, MycoWorks, untuk mengembangkan alternatif non-kulit yang menyerupai material kulit produk Hermès dan dapat menciptakan "bahan berwarna kuning".

MycoWorks saat ini memegang paten untuk mengubah miselium menjadi material yang meniru sifat kulit. Miselium juga dikenal sebagai jaringan benang dari struktur akar jamur.

Baca juga: Tas Hermès Tetap Laris Manis di Tengah Pandemi, Ada yang Terjadi?

Melalui sebuah pernyataan kepada Business of Fashion, direktur artistik Hermès, Pierre-Alexis Dumas mengatakan bahwa perusahaannya memiliki visi dan nilai yang sama dengna MycoWorks, yakni memiliki daya tarik kuat dengan bahan baku alami dan transformasinya, dan unggul di bidang itu.

"Ini bertujuan untuk memastikan bahwa objek yang digunakan adalah kualitas yang sebaik mungkin dan umur panjangnya dapat dimaksimalkan. Kami selalu membuat inovasi dalam pembuatan produk kami," ujarnya.

Dengan menawarkan tas "kulit" jamur ini, Hermès berharap dapat menjawab kepedulian konsumen yang terus meningkat terhadap fesyen berkeanjutan.

Hermès juga bukan satu-satunya rumah mode ternama yang mulai bergerak ke alternatif material yang lebih ramah lingkungan. Sebab, pelaku besar industri fesyen, seperti Gucci, Burberry dan Chanel juga pernah mengutarakan janjinya untuk secara perlahan meninggalkan bulu dan kulit eksotis.

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan Hermès "kulit" jamur ini, dikabarkan tas ini baru akan tersedia pada akhir 2021 dan menjadi penawaran unik di antara tas-tas klasik Hermès dengan bahan tradisional.

Baca juga: Hermès Akan Buka Peternakan Buaya di Australia untuk Bahan Produk Kulit

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Hypebeast
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.