Kompas.com - 14/03/2021, 10:47 WIB
Makanan yang digoreng dan minuman tinggi gula tidak baik untuk kesehatan usus. FREEPIKMakanan yang digoreng dan minuman tinggi gula tidak baik untuk kesehatan usus.

KOMPAS.com - Usus yang sehat membuat kita memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, membantu upaya penurunan berat badan, hingga berdampak positif terhadap kesehatan mental.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan usus adalah dengan mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan bakteri usus, seperti probiotik, sayuran, hingga jahe.

Sebaliknya, mengisi perut dengan makanan yang tidak sehat mungkin tidak akan memberi manfaat yang cukup untuk tubuh.

Ahli gastroenterologi dan Chief Medical Officer dari G-Plan, Rahul Dixit, MD menjelaskan kepada Popsugar tentang makanan apa saja yang buruk untuk kesehatan usus.

Baca juga: Kesehatan Usus yang Buruk Tingkatkan Risiko Covid-19 Berat

Adapun beberapa tanda kesehatan usus yang buruk di antaranya rasa kembung yang tidak nyaman, sembelit, diare yang disertai kelelahan dan lesu, kabut otak, hingga pendarahan rektal dari wasir internal.

Namun, karena gejala-gejala tersebut juga bisa mengindikasikan penyakit lain, berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan diagnosa yang tepat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika Anda memiliki perut sensitif atau kesehatan usus yang buruk, cobalah menghindari beberapa jenis makanan berikut:

1. Produk susu

Dixit mencatat, lebih dari 65 persen orang di dunia tidak toleran terhadap laktosa, sementara protein susu lainnya, sepreti whey dan kasein, dapat menyebabkan respons alergi.

Alergi dan intoleransi bisa menjadi "akar" ketidaknyamanan di perut.

"Sistem pencernaan sapi sama sekali berbeda dari manusia dan oleh karena itu mikrobioma kita akan memberi berbagai respons yang berbeda pada setiap orang," katanya.

Halaman:


Sumber Popsugar
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X