Kompas.com - 15/03/2021, 07:38 WIB
Lego Colloseum LEGOLego Colloseum

KOMPAS.comLego seri Roman Colosseum yang terdiri dari 9.036 bagian secara resmi memecahkan rekor Guinness World Record sebagai set permainan susun balok terbesar.

Permainan ini dirilis pada November 2020 lalu, dan ditujukan sebagai pengisi waktu di kala pandemi. Terbukti, Rok Zgalin Kobe yang merupakan pimpinan desain seri ini bahkan perlu waktu setidaknya 30 jam untuk menyelesaikannya.

Ia sendiri mengakui sudah beberapa kali menyusun replika bangunan kebanggaan bangsa Italia itu. Setelah selesai dipasang, set ini memiliki tinggi 27 sentimeter dan lebar 52 sentimeter.

Jika dibandingkan, permainan bongkar pasang ini berukuran 300 kali lebih kecil dari ukuran aslinya. Pasalnya, ukuran bangunan yang terkenal sebagai arena gladiator ini memiliki panjang 189 meter dan lebar 156 meter.

Keistimewaan seri ini bukan hanya dari segi jumlah namun juga dari kemiripannya yang begitu detail. Kobe menjelaskan bahwa warnanya lebih kaya untuk menunjukkan usia bangunan tersebut.

Baca juga: Gunakan 150 Juta Lego, Diorama Lord of the Rings Pecahkan Rekor

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Colosseum, salah satu sisa kejayaan Kekaisaran Romawi.Wikipedia Colosseum, salah satu sisa kejayaan Kekaisaran Romawi.

Bangunan ini telah lapuk di bawah matahari, jadi Lego memberikan lebih banyak warna untuk menunjukkan garis bangunan dan menonjolkan beberapa detail,” terangnya via UPI seperti dilansir pada Senin (15/03/2021).

Selain itu, desain mainan ini juga menonjolkan ciri utama bangunan yang ditujukan sebagai amphitheatre ini. Beberapa diantaranya yakni tata letak bangku yang berundak, lengkungan bangunan dan tangganya yang unik.

Lego berusaha sebisa mungkin menghadirkan visual Colosseum ketika selesai dibangun pada tahun 80 Masehi itu.

Jika tertarik memilikinya, set permainan ini dijual dengan harga 550 dollar AS atau setara dengan Rp 7,9 juta. Namun sejumalh e-commerce di Indonesia memasarkan mainan seberat 14 kilogram ini di kisaran harga Rp8,2 juta.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber UPI
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.