Kompas.com - 15/03/2021, 12:09 WIB
Ilustrasi By Aleksandrs Muiznieks/ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Istilah foreign branding baru-baru jadi pembahasan viral di Twitter dengan tagar #ikutandukunglokal. Warganet dikejutkan oleh sejumlah merek lokal yang sukses menerapkan strategi ini dan disangka sebagai produk asing.

Terry Palmer, Eiger, J.co, Silver Queen, dan Le Minerale merupakan beberapa produk yang sempat disebutkan oleh netizen. Beberapa orang menyangka produk tersebut adalah perusahaan asing yang ada di Indonesia atau diimpor dari luar negeri.

Alasannya karena nama produk yang terdengar asing di telinga. Padahal, siapa sangka bahwa produk yang populer itu merupakan karya anak bangsa.

Bukannya bahasa asing, beberapa nama merek itu mengadaptasi sejarah pendiriannya sehingga menghasilkan kombinasi kata yang unik. Misalnya saja merek Krisbow yang merupakan gabungan nama pendirinya, yakni Krisnandi Wibowo.

Baca juga: Masa Depan Cerah Produk Skincare Lokal

Beberapa merek lainnya juga punya sejarah penamaan yang unik demi menghasilkan nama yang tidak biasa sekaligus catchy.

Hal ini sebagai bagian perusahaan ini menerapkan strategi marketing bernama foreign branding. Tujuannya untuk memasarkan produk dan meningkatkan imej perusahaannya.

SilverQueen Very Berry Yogurt Dok SilverQueen SilverQueen Very Berry Yogurt

Dalam buku berjudul Foreign Branding and Its Effects on Product Perceptions and Attitudes, disebutkan bahwa foreign branding adalah strategi mengucapkan atau mengeja nama merek dalam bahasa asing. 

Hal ini erat kaitannya dengan upaya untuk memicu stereotip budaya dan memengaruhi persepsi dan sikap produk.

Dalam buku yang dirilis tahun 1994 itu, digelar tiga percobaan untuk mendukung gagasan tersebut. Frans Lecerc, Bernd H Schmitt, dan Laurette Dube, penulisnya, menggunakan merek yang berasal dari bahasa Perancis.

Hasilnya, nama asing tersebut memengaruhi persepsi dan sikap konsumen atas merek tersebut. Dalam hal ini terkait dengan hedonisme yang erat kaitannya dengan branding negara Perancis itu sendiri.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
RECIPES
SUP PANGSIT
SUP PANGSIT
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X