Kompas.com - 15/03/2021, 13:17 WIB

KOMPAS.com - Perubahan kebiasaan makan dan peningkatan rasa stres di masa pandemi ini mungkin membuat kita lebih sering mengalami nyeri dada atau heartburn yang menyakitkan akibat gastroesophageal reflux disease (GERD).

Meski begitu, kita tidak bisa hanya mengandalkan obat-obatan yang digunakan untuk menurunkan kadar asam lambung.

Selain harganya yang mahal, obat-obatan tersebut memiliki efek samping peningkatan risiko serangan jantung, penyakit ginjal, serta demensia jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Tetapi tidak perlu khawatir, baru-baru ini penelitian Consumer Reports menemukan bahwa beberapa perubahan gaya hidup sederhana dapat efektif dalam mencegah naiknya asam lambung dan gejala GERD lainnya.

"Dokter biasa merekomendasikan modifikasi gaya hidup dan kami tahu bahwa mengubah perilaku dapat memiliki dampak yang sangat signifikan."

Demikian penjelasan salah satu penulis penelitian dan Chief of the Clinical and Translational Epidemiology Unit at Massachusetts General Hospital, Andrew T. Chan, MD.

Baca juga: 9 Penyebab Heartburn di Malam Hari yang Perlu Diwaspadai

Para peneliti menganalisis data yang dikumpulkan setiap empat tahun antara 2005 dan 2017 dari Nurse's Health Study.

Itu termasuk informasi dari hampir 43.000 wanita, berusia 42 hingga 62 tahun, yang melaporkan mengalami GERD dengan gejala heartburn setidaknya setiap minggu.

Hasilnya, mengubah gaya hidup dan mempertahankan berat badan yang sehat adalah salah satu faktor terpenting dalam mengurangi gejala nyeri dada.

Melakukan olahraga sedang hingga berat minimal 30 menit setiap hari pun dapat membantu.

Begitu juga dengan mengikuti diet sehat yang mencakup asupan biji-bijian yang lebih tinggi dan asupan daging merah, serta gula tambahan yang lebih rendah.

Sementara bagi perokok yang mengalami GERD dianjurkan untuk berhenti merokok. Sebab, bahan kimia dalam rokok dapat mengganggu pencernaan normal sehingga memicu heartburn.

Baca juga: 6 Vitamin dan Suplemen yang Bantu Atasi Gerd

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.