Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/03/2021, 13:17 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perubahan kebiasaan makan dan peningkatan rasa stres di masa pandemi ini mungkin membuat kita lebih sering mengalami nyeri dada atau heartburn yang menyakitkan akibat gastroesophageal reflux disease (GERD).

Meski begitu, kita tidak bisa hanya mengandalkan obat-obatan yang digunakan untuk menurunkan kadar asam lambung.

Selain harganya yang mahal, obat-obatan tersebut memiliki efek samping peningkatan risiko serangan jantung, penyakit ginjal, serta demensia jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Tetapi tidak perlu khawatir, baru-baru ini penelitian Consumer Reports menemukan bahwa beberapa perubahan gaya hidup sederhana dapat efektif dalam mencegah naiknya asam lambung dan gejala GERD lainnya.

"Dokter biasa merekomendasikan modifikasi gaya hidup dan kami tahu bahwa mengubah perilaku dapat memiliki dampak yang sangat signifikan."

Demikian penjelasan salah satu penulis penelitian dan Chief of the Clinical and Translational Epidemiology Unit at Massachusetts General Hospital, Andrew T. Chan, MD.

Baca juga: 9 Penyebab Heartburn di Malam Hari yang Perlu Diwaspadai

Para peneliti menganalisis data yang dikumpulkan setiap empat tahun antara 2005 dan 2017 dari Nurse's Health Study.

Itu termasuk informasi dari hampir 43.000 wanita, berusia 42 hingga 62 tahun, yang melaporkan mengalami GERD dengan gejala heartburn setidaknya setiap minggu.

Hasilnya, mengubah gaya hidup dan mempertahankan berat badan yang sehat adalah salah satu faktor terpenting dalam mengurangi gejala nyeri dada.

Melakukan olahraga sedang hingga berat minimal 30 menit setiap hari pun dapat membantu.

Begitu juga dengan mengikuti diet sehat yang mencakup asupan biji-bijian yang lebih tinggi dan asupan daging merah, serta gula tambahan yang lebih rendah.

Sementara bagi perokok yang mengalami GERD dianjurkan untuk berhenti merokok. Sebab, bahan kimia dalam rokok dapat mengganggu pencernaan normal sehingga memicu heartburn.

Baca juga: 6 Vitamin dan Suplemen yang Bantu Atasi Gerd

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com