Kompas.com - 15/03/2021, 19:32 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Gemar berolahraga dan tetap aktif bergerak membuat seorang nenek berusia 93 tahun, bernama Ki Hong, hidup dengan tubuh yang bugar dan sehat.

Dia mengakui bahwa sejak masih muda dirinya sudah senang melakukan berbagai macam aktivitas fisik seperti ice skating, bersepeda, dan mendaki.

"Saya dengan yakin mengatakan bahwa kita dapat melalui apa pun jika tubuh sehat, tetapi kita dapat kehilangan segalanya jika kita kehilangan kesehatan," ungkapnya.

Hong menjaga kesehatannya dengan konsisten mengikuti jadwal harian. Dimulai dari bangun pada waktu yang sama, makan pada waktu yang sama, olahraga pada waktu yang sama, hingga tidur pada waktu yang sama.

"Saya juga sering duduk di luar, membaca koran, merawat tanaman, berjalan mondar-mandir di jalan, dan memeriksa surat," terangnya.

"Jika saya tidak mengikuti rutinitas saya, maka saya merasa hari berikutnya jauh lebih sulit," sambung dia.

Baca juga: Lakukan 4 Kebiasaan Ini di Pagi Hari agar Awet Muda

Berolahraga setiap hari

Sebelum pandemi, Hong biasanya pergi ke fasilitas rehabilitasi jantung selama satu jam tiga kali seminggu. Dia menggunakan banyak mesin latihan yang berbeda, tetapi anak tangga adalah favoritnya.

Saat tempat itu tutup, dia tidak bisa menggunakan peralatan latihan, sehingga keluarganya membantu membuatkan gym sendiri di rumah.

Sekarang, alih-alih berolahraga tiga kali seminggu selama satu jam, dia justru berolahraga setiap hari, hanya saja tidak dengan waktu yang sama.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Prevention
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.