Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunci Awet Muda, Sehat, dan Mandiri ala Nenek Berusia 93 Tahun

Kompas.com - 15/03/2021, 19:32 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Prevention

KOMPAS.com - Gemar berolahraga dan tetap aktif bergerak membuat seorang nenek berusia 93 tahun, bernama Ki Hong, hidup dengan tubuh yang bugar dan sehat.

Dia mengakui bahwa sejak masih muda dirinya sudah senang melakukan berbagai macam aktivitas fisik seperti ice skating, bersepeda, dan mendaki.

"Saya dengan yakin mengatakan bahwa kita dapat melalui apa pun jika tubuh sehat, tetapi kita dapat kehilangan segalanya jika kita kehilangan kesehatan," ungkapnya.

Hong menjaga kesehatannya dengan konsisten mengikuti jadwal harian. Dimulai dari bangun pada waktu yang sama, makan pada waktu yang sama, olahraga pada waktu yang sama, hingga tidur pada waktu yang sama.

"Saya juga sering duduk di luar, membaca koran, merawat tanaman, berjalan mondar-mandir di jalan, dan memeriksa surat," terangnya.

"Jika saya tidak mengikuti rutinitas saya, maka saya merasa hari berikutnya jauh lebih sulit," sambung dia.

Baca juga: Lakukan 4 Kebiasaan Ini di Pagi Hari agar Awet Muda

Berolahraga setiap hari

Sebelum pandemi, Hong biasanya pergi ke fasilitas rehabilitasi jantung selama satu jam tiga kali seminggu. Dia menggunakan banyak mesin latihan yang berbeda, tetapi anak tangga adalah favoritnya.

Saat tempat itu tutup, dia tidak bisa menggunakan peralatan latihan, sehingga keluarganya membantu membuatkan gym sendiri di rumah.

Sekarang, alih-alih berolahraga tiga kali seminggu selama satu jam, dia justru berolahraga setiap hari, hanya saja tidak dengan waktu yang sama.

"Setiap hari, saya bersepeda selama 20 menit. Kemudian saya berjalan ke atas dan ke bawah di jalan yang memiliki sebuah bukit kecil," kata dia.

Tujuan dari semua olahraga yang dilakukannya itu adalah untuk menjadi lebih kuat dan sehat. Jadi, di usianya yang sudah lanjut usia (lansia) itu dia tetap bisa mandiri.

"Saya ingin memiliki kaki yang kuat yang akan menopang saya dan mencegah saya jatuh. Saya ingin lengan yang kuat sehingga saya dapat memasak makan malam favorit anak-anak saya dan menyirami tanaman," jelasnya.

Baca juga: Lihat, 5 Rahasia Awet Muda Sophia Latjuba di Usia Setengah Abad

Meningkatkan langkah kaki

Setiap hari, Hong berjalan ke atas bukit dan merasa tubuhnya lebih baik karena dia dapat dengan mudah mencapai puncak bukit tanpa kehabisan napas.

Halaman:
Sumber Prevention
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com