Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Cegah Kucing Lucumu Makan Rumput, Berikut Penjelasannya!

Kompas.com - 16/03/2021, 12:51 WIB
Intan Pitaloka,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Treehugger

KOMPAS.com - Mungkin Anda akan merasa khawatir ketika melihat kucing kesayangan Anda yang lucu tiba-tiba mengonsumsi makanan yang tidak wajar. Salah satunya adalah memakan rumput.

Tak jarang juga para pemilik kucing mencoba mencegah kelakuan kucingnya yang tiba-tiba mengunyah rumput yang tumbuh liar di sekitaran rumah.

Mengapa kucing melakukannya? Lalu, apakah ini aman untuk hewan berbulu kesayangan kita tersebut?

Sebuah penelitian yang dilansir Treehugger menunjukkan alasan praktis dan alami mengapa kucing makan rumput.

Ini dilakukan karena tanaman yang tidak dapat dicerna kucing itu justru dapat membersihkan pencernaannya dari cacing parasit.

Walau kucing rumahan mungkin tidak lagi membawa parasit di perutnya, namun kebiasaan ini didapatkan dari nenek moyang mereka yang masih liar, yang hanya makan daging mentah.

Teori populer lainnya berpendapat bahwa kucing makan rumput untuk memasok serat atau karena mereka merasa cemas.

Baca juga: Apa Penyebab Kucing Makan Rumput?

Membantu pencernaan dan membersihkan parasit

Sampai abad ke-21, penjelasan umum tentang perilaku ini adalah kucing makan rumput saat merasa sakit dan ingin memuntahkan makanan.

 

Namun bertentangan dengan anggapan tersebut, sebuah penelitian menyebutkan lebih dari 90% pemilik kucing melaporkan bahwa hewan peliharaan mereka tidak tampak sakit sebelum makan rumput.

Asalkan tanaman tidak beracun dan tidak disemprot pestisida, umumnya kucing aman untuk mengonsumsinya.

Kucing tampaknya memiliki kecenderungan bawaan untuk makan tumbuhan secara teratur, seperti halnya karnivora lain yang hidup liar.

Studi pada primata mengungkapkan bahwa tumbuhan yang tidak dapat dicerna membersihkan sistem usus dari parasit terutama cacing.

Menurut para peneliti di School of Veterinary Medicine di UC Davis, "Hampir semua karnivora liar membawa parasit di ususnya. Memakan tumbuhan akan memungkinkan mengurangi parasit di usus, terlepas dari apakah hewan merasakan atau tidak parasit tersebut."

Temuan yang menunjukkan bahwa 91% kucing tidak tampak sakit sebelum makan rumput memperkuat teori bahwa makan rumput adalah naluri kucing untuk membersihkan parasit berbahaya, bukan karena kucing dengan sengaja ingin muntah.

Halaman:
Sumber Treehugger
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com