Kompas.com - 16/03/2021, 12:51 WIB
Ilustrasi kucing makan rumput. SHUTTERSTOCK/BOSZYY ARTISTIlustrasi kucing makan rumput.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Mungkin Anda akan merasa khawatir ketika melihat kucing kesayangan Anda yang lucu tiba-tiba mengonsumsi makanan yang tidak wajar. Salah satunya adalah memakan rumput.

Tak jarang juga para pemilik kucing mencoba mencegah kelakuan kucingnya yang tiba-tiba mengunyah rumput yang tumbuh liar di sekitaran rumah.

Mengapa kucing melakukannya? Lalu, apakah ini aman untuk hewan berbulu kesayangan kita tersebut?

Sebuah penelitian yang dilansir Treehugger menunjukkan alasan praktis dan alami mengapa kucing makan rumput.

Ini dilakukan karena tanaman yang tidak dapat dicerna kucing itu justru dapat membersihkan pencernaannya dari cacing parasit.

Walau kucing rumahan mungkin tidak lagi membawa parasit di perutnya, namun kebiasaan ini didapatkan dari nenek moyang mereka yang masih liar, yang hanya makan daging mentah.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Teori populer lainnya berpendapat bahwa kucing makan rumput untuk memasok serat atau karena mereka merasa cemas.

Baca juga: Apa Penyebab Kucing Makan Rumput?

Membantu pencernaan dan membersihkan parasit

Sampai abad ke-21, penjelasan umum tentang perilaku ini adalah kucing makan rumput saat merasa sakit dan ingin memuntahkan makanan.

 

Namun bertentangan dengan anggapan tersebut, sebuah penelitian menyebutkan lebih dari 90% pemilik kucing melaporkan bahwa hewan peliharaan mereka tidak tampak sakit sebelum makan rumput.

Halaman:


Sumber Treehugger
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X