Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jatuh Cinta dan Mencintai Itu Berbeda, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 16/03/2021, 20:40 WIB
Maria Adeline Tiara Putri,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Brides

KOMPAS.com - Berbicara soal cinta, erat kaitannya dengan kebahagiaan dan rasa tertarik pada orang lain. Tapi, tahukah kamu bila jatuh cinta dan mencintai memiliki pengertian yang berbeda? 

Perbedaannya terletak pada waktu dan tahap hubungan dengan orang lain. Menurut psikolog sosial Theresa E. DiDonato, Ph.D, tidak ada cinta pada pandangan pertama.

"Percikan yang diartikan cinta ketika terjadi pada pandangan pertama sebenarnya lebih tepat digambarkan sebagai daya tarik yang kuat," kata DiDonato seperti dikutip Brides.

Dari percikan itu, barulah kemudian perasaan berkembang. Lalu dengan adanya keterbukaan dapat menentukan hubungan di masa depan.

"Hubungan romantis melibatkan komponen emosional, kognitif, dan perilaku. Ini bukan sesuatu yang terjadi secara instan, tapi cenderung muncul seiring waktu," kata DiDonato.

Baca juga: 8 Tanda Kamu Sedang Jatuh Cinta, Menurut Drakor True Beauty

Dirinya menyarankan, untuk dapat mendefinisikan cinta maka harus mempertimbangkan keterikatan emosional berdasarkan kualitas hubungan, gairah, keintiman, dan komitmen.

Sebelum mengetahui jenis cinta yang tengah dirasakan, ada baiknya untuk memahami perbedaan antara jatuh cinta dengan mencintai.

1. Jatuh cinta sangat emosional

Saat seseorang jatuh cinta, ada perbedaan utama yang berkaitan dengan emosi. Secara khusus, ketika seseorang sedang jatuh cinta dia merasakan hasrat yang kuat dan hampir tidak bisa dijelaskan.

"Kegembiraan dan keajaiban cinta akan terasa di tahap awal. Ini adalah fase yang tidak terlupakan dalam kehidupan bersama pasangan," kata terapis pernikahan dan keluarga Kathy McCoy, Ph.D. 

Faktanya, jatuh cinta sering kali berarti merindukan seseorang, terus memikirkannya, dan ingin menghabiskan waktu bersama saat terpisah.

Baca juga: Cinta Ditolak dan Sulit Move On? Coba Lakukan 5 Tips Ini

Halaman:
Sumber Brides
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com