Kompas.com - 17/03/2021, 09:20 WIB
Ilustrasi melamar pekerjaan sebagai lulusan baru. FREEPIK/IJEABIlustrasi melamar pekerjaan sebagai lulusan baru.

KOMPAS.com - Beberapa bulan ke depan, satu angkatan kuliah lagi akan lulus dan para mahasiswa yang sudah lulus akan mulai mencari pekerjaan.

Mencari pekerjaan bisa menjadi momen yang sangat tricky buat kebanyakan lulusan baru. Beberapa orang mungkin sudah pernah bekerja sebelumnya, namun sebagian lainnya belum terlalu punya bayangan tentang kehidupan bekerja karena baru pertama kali akan melakukannya.

Kelompok kedua mungkin akan khawatir atau bingung jika lamaran kerjanya tidak direspons oleh perusahaan.

Nah, bagi kamu yang akan lulus kuliah alias menjadi fresh graduate atau sudah lulus namun masih mencari pekerjaan, berikut kiat jitu dapat kerja seperti disampaikan oleh JobStreet:

1. Membuat CV yang baik

Sepele, tetapi masih banyak orang yang belum memerhatikan kelayakan Curriculum Vitae (CV) yang dikirimnya saat melamar kerja.

CV adalah salah satu dokumen paling penting yang dibutuhkan perusahaan ketika kamu melamar kerja. Isi dari CV adallah semua prestasi yang sudah kamu capai dan pengalaman yang pernah kamu jalani, seperti pengalaman organisasi di kampus atau kerja magang.

Agar memberikan kesan pertama yang baik, buatlah CV yang menarik dan sesuai dengan yang diinginkan perusahaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Belajarlah membuat CV bersama orangtua atau mencari tips membuat CV lewat buku atau internet. Situs JobStreet juga menyediakan sejumlah tips yang bisa dipraktikkan para pencari kerja untuk membuat CV yang baik.

Khawatir CV-mu kurang baik secara estetika? Saat ini, di internet sudah banyak sekali sumber yang menyediakan template CV untuk kamu gunakan agar CV-mu lebih menarik.

Baca juga: 4 Trik Membuat CV Cepat Dilirik Perekrut Kerja

2. Riset tentang pekerjaan yang diminati

Setelah lulus, biasanya kamu punya sedikit waktu luang sebelum upacara wisuda.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X