Kompas.com - 17/03/2021, 21:43 WIB
Ilustrasi air lemon hangat. PIXABAY/STOCKSNAPIlustrasi air lemon hangat.

KOMPAS.com - Manfaat minum air lemon terhadap kesehatan memang sangat beragam. Tapi, bagaimana jika kita meminumnya jelang waktu tidur?

Ternyata, minum air lemon juga bisa membawa manfaat untuk kualitas tidur kita, lho. Tapi, usahakan minum air lemon hangat, ya.

Melansir Sleep Advisor, kombinasi air panas (hangat) dengan lemon bisa menjadi "ramuan" yang sangat baik untuk tidur kita.

Selain membantu menghidrasi tubuh dan memberikan manfaat tambahan lewat dosis vitamin C yang terkandung di dalam lemon, air lemon hangat juga bisa membantu memperlancar pencernaan.

Ini tentunya penting jika Anda sedang berusaha tertidur, misalnya, setelah kekenyangan ketika makan malam atau baru saja mengonsumsi makanan pedas, dua hal yang membuat seseorang sulit tertidur.

Baca juga: Berapa Lama Jarak Waktu Ideal antara Makan Malam dan Tidur?

Tapi, jangan lupa untuk menyikat gigi setelah mengonsumsi air lemon hangat karena asam dari lemon bisa mengikis enamel gigi kita.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menyikat gigi dan berkumur bisa membantu mencegah erosi pada enamel gigi ketika kita tidur.

Tak punya lemon di rumah? Tak masalah, sebab minum air hangat sebelum tidur saja bahkan bisa memberikan manfaat kesehatan untuk kita.

Menurut Healthline, minum air hangat sebelum tidur bisa membantu tubuh tetap terhidrasi sepanjang malam dan membantu tubuh membuang racun-racun yang tak diinginkan.

Minum air hangat juga bisa membantu meredakan rasa sakit atau kram pada perut.

Baca juga: Baik atau Buruk, Minum Air Putih Sebelum Tidur

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.