Kompas.com - 18/03/2021, 05:49 WIB
Ilustrasi 10.000 langkah setiap hari. FREEPIK/SCHANTALAOIlustrasi 10.000 langkah setiap hari.

KOMPAS.com - Kita sering sekali mendengar rekomendasi aktivitas 10.000 langkah setiap harinya.

Bagi para pelari atau orang-orang yang terbiasa jalan kaki jarak jauh, target tersebut mungkin enteng. Tetapi, untuk orang-orang yang kesulitan mengatur waktu kesibukan dan olahraga, target tersebut mungkin terlihat sangat berat.

Tapi, apakah sebetulnya kita perlu berjalan hingga 10.000 langkah setiap hari? Dari mana sih rekomendasi itu berasal?

Melansir the Conversation, rekomendasi 10.000 langkah setiap hari diperkirakan muncul dari merek pedometer yang dijual pada 1965 oleh Yamasa Clock di Jepang.

Pedometer tersebut diberi nama "Manpo-kei" yang berarti "10.000 meter langkah".

Itu adalah alat pemasaran untuk Manpo-kei dan tampaknya telah tersebar ke seluruh dunia sebagai rekomendasi langkah harian.

Bahkan, rekomendasi tersebut masuk ke dalam target aktivitas harian dari jam tangan pintar populer, seperti Fitbit.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Jangan Takut, Seruan 10.000 Langkah Sehari Cuma Alat Marketing

Faktanya, beberapa penelitian memang menunjukkan bahwa target langkah tersebut dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, kesehatan mental dan bahkan menurunkan risiko diabetes, hingga batas tertentu.

Karena memang angka tersebut dapat dijelaskan manfaatnya secara ilmiah, maka tak heran mengapa kebanyakan dari kita terpaku pada angka tersebut.

Selain itu, di jaman Roma kuno, jarak sebetulnya dihitung menggunakan langkah. Kata "mil" yang digunakan untuk ukuran jarak berasal dari frasa Latin "mila passum", yang artinya 1.000 pace atau 2.000 langkah.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X