Kompas.com - 18/03/2021, 12:40 WIB
Fokus bertanding, Bernadine Anindya Wardana optimis mampu kembali raih kemenangan pada babak final Liga PB Djarum 2020, Sabtu (11/7) Dok. PB DjarumFokus bertanding, Bernadine Anindya Wardana optimis mampu kembali raih kemenangan pada babak final Liga PB Djarum 2020, Sabtu (11/7)

KOMPAS.com - Kabar akan tim bulu tangkis Indonesia yang dipaksa mundur dari All England 2021 membuat kecewa masyarakat Indonesia.

Pasalnya olahraga ini sudah lama menjadi favorit dan kebanggaan warga tanah air. Prestasi atlet nasional di kancah internasional juga sangat baik termasuk tiga wakil Indonesia yang seharusnya masuk 16 besar All England 2021.

Badminton kerap dimainkan masyarakat di pedesaan maupun perkotaan, tua dan muda. Saking populernya, survey Nielsen Sport 2020 menyatakan jika bulu tangkis merupakan olahraga favorit di Indonesia.

Dimuat dalam Kompas.com pada (25/09/2020), 71% masyarakat Indonesia menyukai bulu tangkis, mengungguli sepakbola yang biasanya jadi primadona.

Olahraga ini juga kaya akan manfaat sehingga kerap disarankan para ahli untuk menjaga kesehatan. Bukan hanya itu, badminton juga tergolong aman dilakukah oleh sejumlah penderita penyakit kronis, tergantung tingkat penyakitnya.

Baca juga: Inilah Olahraga yang Membakar Kalori Terbanyak

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 5 manfaat badminton bagi kesehatan seperti yang dilansir dari laman Mensx pada Kamis (18/03/3021):

  • Menurunkan berat badan

Bermain bulu tangkis selama satu jam dapat membakar 480 kalori, lebih tinggi dibandingkan olah tubuh lainnya. Aktivitas ini menggerakan seluruh otot di tubuh dengan optimal, tak heran bila terasa sangat melelahkan.

Jika dilakukan secara rutin, bermain badminton bisa menurunkan berat badan sebanyak 4 kilogram dalam sebulan.

  • Mengurangi risiko diabetes

Bermain bulu tangkis selama satu jam menjadi aktivitas yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

Sistem metabolisme meningkat dan sirkulasi darah membaik sehingga produksi gula dari liver lebih rendah. Dalam jangka panjang, ini baik untuk orang yang berisiko terkena diabetes.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.