Kompas.com - 18/03/2021, 17:28 WIB
Ilustrasi PIXABAYIlustrasi

KOMPAS.com - Bahasa tubuh mengungkapkan banyak hal tentang perasaan seseorang, terutama terhadap pasangannya.

Gerakan sederhana seperti berpegangan tangan saja dapat menjelaskan dinamika dalam suatu hubungan. Pakar bahasa tubuh Patti Wood menjelaskan makna di balik pegangan tangan.

"Pegangan tangan bukan hanya menunjukkan kepercayaan dalam hubungan, tetapi juga dinamika kekuatan, gairah, dan kelembutan," kata Wood kepada Elite Daily.

Pakar bahasa tubuh Yana German setuju, cara berpegangan tangan dapat membuat seseorang belajar banyak tentang pasangannya.

"Berpegangan tangan merupakan tanda yang luar biasa bagi pasangan ketika menjalin hubungan," katanya.

Baca juga: Agar Hubungan Langgeng, Carilah Pasangan dengan 5 Kriteria Ini

"Ada tanda-tanda dominasi jika pasangan menangkup atau meremas tangan. Ini menunjukkan pasangan lebih suka selalu benar dan bertanggung jawab," tambah German.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setiap pasangan mungkin saja memiliki gaya berpegangan tangan yang berbeda. Berikut pendapat para ahli tentang perbedaan gaya dan makna di baliknya.

1. Berpegangan erat menautkan jari

Berpegangan tangan dengan cara menautkan jari dan posisi telapak tangan menghadap ke depan menandakan pasangan memiliki hubungan yang sangat intim.

Selain itu, ini juga menunjukkan keseimbangan dalam dinamika kekuatan pasangan. Gaya berpegangan tangan ini berarti tidak ada superioritas siapa yang bertanggung jawab dalam hubungan.

"Hubungan didasarkan pada kepercayaan, kejujuran, tujuan, dan ambisi hidup yang sama. Ini menunjukkan pasangan saling menanti untuk menjalani hidup bersama dan menikmati," kata German.

Baca juga: 6 Kesalahan yang Harus Dihindari saat Bertengkar dengan Pasangan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.