Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaya Hidup Sehat untuk Jantung Sekaligus Menekan Risiko Kanker

Kompas.com - 19/03/2021, 11:27 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Jangan malas mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, terutama untuk mencegah penyakit jantung. Sebab, dengan menjalani gaya hidup tersebut bonusnya adalah risiko kanker juga bisa ikut turun.

Sebuah penelitian baru menunjukkan, gaya hidup sehat untuk menurunkan risiko penyakit jantung juga dapat mengurangi kemungkinan terkena kanker.

Studi yang diterbitkan dalam JACC: CardioOncology edisi Maret 2021 tersebut menemukan risiko penyakit kardiovaskular (CVD) dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker.

Adapun faktor risiko penyakit kardiovaskular itu termasuk faktor risiko tradisional seperti usia, jenis kelamin, dan merokok, bersama dengan kadar peptida natriuretik.

Karena temuan menunjukkan faktor risiko penyebab CVD juga bisa memicu kanker, maka kebiasaan sehat yang digunakan untuk memerangi CVD ternyata juga dapat membantu mengurangi risiko seseorang terkena kanker.

Baca juga: 4 Faktor yang Dapat Cegah Penyakit Jantung

"Pola makan yang sehat dan memastikan masalah medis seperti hipertensi serta diabetes terkontrol itu penting. Apalagi, ini ternyata menjadi risiko kanker."

Begitu penuturan ahli onkologi dan hematologi MemorialCare Cancer Institute di Orange Coast Medical Center di Fountain Valley, California, Dr Collin Vu.

Faktor risiko jantung dan kanker yang serupa

Para peneliti dari Massachusetts General Hospital dan pusat kesehatan lainnya di Amerika Serikat maupun Belanda mengevaluasi data kesehatan dari 20.305 orang yang tidak menderita kanker ketika terlibat dalam penelitian.

Selama 15 tahun, 2.548 orang mengidap kanker dan para peneliti menemukan, faktor risiko penyakit jantung secara independen terkait dengan kanker.

Mereka juga mendapati tingkat peptida natriuretik yang lebih tinggi —penanda yang menunjukkan tekanan pada jantung— sebagai faktor risiko kanker yang lebih tinggi (40 persen).

Baca juga: Hindari 9 Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Sementara itu, peserta yang mengikuti perilaku gaya hidup jantung sehat dengan mengelola tekanan darah, kolesterol, gula darah, dan berat badan serta diet, memiliki risiko lebih rendah terkena kanker.

Halaman:
Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com