Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/03/2021, 15:38 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Grafologi bisa dipakai untuk mengenali karakter secara mendalam termasuk kecenderungan seseorang untuk berselingkuh dan melakukan kekerasan.

Ilmu analisa karakter lewat tulisan tangan ini memang dapat mengenali seseorang berdasarkan kerja otaknya.

Sejumlah gerak yang dihasilkan dalam goresan tulisan maupun tanda tangan juga bisa menggambarkan kondisi mental seseorang.

Tessa Ayuningtyas Sugito, grafologis, mengatakan jika selama ini ia kerap menerima permintaan atau konsultasi tulisan tangan yang tujuannya untuk menentukan kepastian suatu hubungan.

Biasanya permintaan muncul dari orang yang sudah akan menikah atau sedang mempertimbangkan hubungannya ke jenjang yang lebih serius.

"Mungkin karena di Indonesia banyak yang bucin ya," ujarnya dalam siaran langsung di Instagram @my.kindoflife yang bertajuk Kenali Kecemasan Kamu Lewat Tulisan Tangan pada Jumat (19/03/2021).

Baca juga: Membaca Karakter Lewat Tulisan Tangan

Namun ia membenarkan jika cara ini bisa ditempuh untuk memastikan karakter calon pasangan. Khususnya jika ada tendensi untuk berbagai perilaku yang berbahaya di masa depan seperti perselingkuhan atau KDRT.

Klien biasanya akan diminta untuk menulis di selembar kertas A4 kosong. Kemudian founder @nulistanganyuk ini akan menilainya karakter berdasarkan bentuk huruf tertentu, ukuran tulisan, posisi tulisan di kertas dan bentuk tanda tangannya.

Lebih jauh, ia menerangkan jika tanda tangan juga bisa menjadi gambaran akan citra yang ingin ditampilkan pada orang lain. "Tanda tangan itu kayak pencitraan, brand kita yang dikasi liat ke orang lain," terangnya.

Hasil penilaian atas tulisan ini juga disebutkan amat akurat dan bukan hanya sekedar ramalan. Pasalnya, penilaian dilakukan atas dasar kerja otak yang tidak mungkin berbohong.

Tingkat akurasinya bahkan bisa mencapai 85% jika dilakukan oleh analis yang amat terlatih. Bukan hanya itu, ilmu turunan psikologi ini juga bisa mengetahui riwayat penyakit seseorang.

Sebaliknya, tulisan tangan tidak bisa menentukan gender penulisnya, penyandang disabilitas atau apakah tulisan dihasilkan dengan tangan kanan atau kiri.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kind of Life (@my.kindoflife)

Baca juga: Baca Kepribadian Anda Melalui Tulisan Tangan

Sementara itu, dikutip dari laman Instagram akun @nulistanganyuk, ada sejumlah ciri yang menunjukkan kesetiaan seseorang dalam tulisan tangan. Misalnya saja seperti tanda titik yang ditulis dengan jelas pada huruf kecil i dan j.

Ciri kedua adalah posisi titik tepat berada di atas kedua huruf tersebut. Sedangkan yang terakhir yakni bentuk titik yang sederhana.

Orang dengan ciri khas tulisan ini dipercaya memiliki sifat setia dan loyal. Bukan hanya kepada nilai yang dianutnya namun juga kepada pasangan dan keluarganya.

 Baca juga: Yuk, Kenali Kesehatan Mental dari Karakter Tulisan Tangan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com