Kompas.com - 19/03/2021, 19:54 WIB
Ilustrasi anak tidur. FREEPIK/PVPRODUCTIONSIlustrasi anak tidur.

KOMPAS.com - Obstructive Sleep Apnea (OSA) mungkin masih kerap disepelekan. Padahal, dampaknya sangat besar terhadap kesehatan secara keseluruhan dan bahkan dapat mengancam nyawa.

OSA merupakan kelainan saluran napas yang ditandai dengan tertutupnya jalan napas secara total atau sebagian sehingga berkaitan dengan penurunan kadar oksigen dalam tubuh.

Meski kita banyak melihat kasusnya terjadi pada orang dewasa, ternyata sleep apnea juga bisa terjadi pada anak.

"Apakah pada anak terdapat OSA? Ada sekali," ungkap Dr. dr. Fauziah Fardizza, Sp.THT-KL(K) dalam webinar bertajuk "Edukasi Kesehatan Tidur: World Sleep Day Virtual Course", Jumat (19/3/2021).

Ia menambahkan, orangtua tak seharusnya menganggap anak yang mendengkur atau mulutnya terbuka adalah tanda tidur nyenyak. Sebab, itu bisa saja merupakan gejala awal sleep apnea pada anak.

"Mendengkur itu artinya bukan tidur yang lelap. Jadi ibu yang melihat anak tidurnya mendengkur atau mulutnya terbuka harus awas dari dini."

"Sedari dini berobat dan mencoba mengatasi itu agar tidak berlarut dan menjadi OSA," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 7 Cara Sleep Apnea Membahayakan Kesehatan

Penyebab sleep apnea pada anak yang paling sering adalah mouth breather atau bernapas dari mulut karena tidak mampu bernapas melalui hidung.

Jika ini terjadi, maka orangtua perlu mencari tahu mengapa anak sering berusaha bernapas dari mulut.

Waspadalah jika anak terlihat kesulitan menutup mulutnya dan sering kali berusaha "mencuri-curi" kesempatan membuka mulut untuk bernapas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.