Kompas.com - 20/03/2021, 07:00 WIB
Ilustrasi sikat gigi ShutterstockIlustrasi sikat gigi

KOMPAS.com - Selama masa pandemi ini kebiasaan kita menjaga kesehatan secara fisik dan mental mungkin mengalami peningkatan yang cukup besar.

Namun, sayangnya, hal tersebut tidak sejalan dengan perilaku kita menjaga kesehatan mulut dan gigi yang justru menurun.

Dalam survei global Pepsodent di delapan negara baru-baru ini, terungkap bahwa sebanyak 30 persen orang Indonesia pernah melewati sehari penuh tanpa menyikat gigi.

Head of Sustainable Living Beauty & Personal Care and Home Care Unilever Indonesia Foundation, Drg Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc mengungkapkan, bahwa alasan terbesarnya adalah karena rasa malas.

"Sebanyak 50 persen responden mengakui adanya rasa malas untuk sikat gigi di masa pandemi karena tidak banyak melakukan aktivitas di luar rumah," terangnya saat konferensi pers virtual, Jumat (19/3/2021).

Baca juga: Dampak yang Terjadi Jika Hanya Sikat Gigi Sekali Sehari

Menurut Ratu Mirah, ini merupakan imbas dari perubahan tren gaya hidup sejak pandemi melanda. Di mana, segala aktivitas banyak dilakukan di dalam rumah saja, sehingga orang-orang menganggap sikat gigi jadi kurang penting.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nah, akibat dari perilaku mengabaikan sikat gigi, sebanyak 73 persen orang mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut selama masa pandemi.

Survei tersebut juga mencatat ada lima masalah utama kesehatan gigi dan mulut.

Di antaranya, mulut kering (36 persen), bau mulut atau halitosis (34 persen), gusi dan gigi berdarah saat menyikat gigi (34 persen), nyeri pada gigi, gusi, atau mulut (31 persen), dan kemunculan karises baru (25 persen).

"Kondisi ini diperburuk dengan tingginya risiko penularan Covid-19 yang membuat orang-orang kesulitan untuk memeriksakan masalah gigi dan mulut mereka ke dokter," jelasnya.

Baca juga: Mengenal Teknik Menyikat Gigi yang Tepat untuk Cegah Plak

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.