Kompas.com - 20/03/2021, 10:12 WIB

KOMPAS.com - Justice League Snyder Cut belum lama ini mulai ditayangkan di HBO Max, nyaris bersamaan dengan perilisan serial The Falcon and The Winter Soldier di Disney Plus.

Hal ini terasa menyenangkan sekaligus membingungkan bagi para penggemar film. Pasalnya berlangganan layanan streaming online menjadi satu-satunya cara bisa menontonnya tersebut dengan kualitas terbaik.

Namun, film tersebut tayang di dua platform berbeda dengan biaya berlangganan yang berbeda pula. Akibatnya biaya yang harus dikeluarkan menjadi lebih banyak dari seharusnya.

Masalah ini agaknya sudah menjadi perkara yang kerap dihadapi para anak muda penikmat layanan streaming online. Ada terlalu banyak platform tersedia dengan pilihan yang tak kalah menarik.

Jika ingin nonton serial Vincenzo atau Bridgerton, kita harus berlangganan Netflik. Sedangkan jika ingin maraton Star Wars harus membayar biaya Disney Plus.

Baca juga: Perbedaan Jalan Cerita Bridgerton di Serial Televisi dan Novel

Belum lagi jika ingin nonton serial The Penthouse maka kita juga harus menjadi pengguna layanan Viu.

Bayangkan ada berapa banyak uang yang harus dikeluarkan dalam satu waktu.

Drama Korea VincenzoSoompi Drama Korea Vincenzo

Fenomena global

Kebingungan ini sebenarnya bukan hanya fenomena yang terjadi di Indonesia. Seluruh dunia juga merasakannya.

Mengacu pada riset yang dilakukan oleh UTA IQ disebutkan 70 persen pelanggan streaming mengatakan sekarang ada terlalu banyak opsi.

Penelitian kepada 6.634 konsumen di AS, Kanada, Australia, dan Belanda ini juga menunjukkan jika 87 persen diantaranya juga merasa khawatir biayanya akan menjadi terlalu mahal jika berlangganan sekaligus.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.