Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/03/2021, 12:51 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wig kerap dijadikan alternatif untuk mengubah tampilan rambut dalam waktu singkat. Ada sejumlah cara yang bisa dicoba untuk membuat rambut palsu ini terlihat alami dan menyatu.

Penyanyi Billie Ellish mengagetkan media sosial ketika mengunggah fotonya yang berambut blonde. Hilang sudah rambut hijaunya yang sudah menjadi identitasnya.

Perubahan ini cukup mengangetkan karena beberapa waktu sebelumnya ia hadir di Grammy 2021 dengan warna rambutnya yang biasa. Nyatanya, ia mengakui jika saat itu hadir dengan mengenakan wig.

Namun, beberapa penggemar setianya memang sempat curiga dengan tampilan rambutnya yang tidak biasa. Hal yang kemudian dikonfirmasi sendiri olehnya.

Mengenakan wig memang jadi pilihan selebritas dunia jika ingin tampil berbeda atau menutupi perubahan gaya rambutnya sementara. Kita juga bisa menggunakannya baik untuk acara tertentu maupun aktivitas harian.

Baca juga: Billie Eilish Jadi Blonde, Apa yang Terjadi?

Billie EilishREPRO BIDIK LAYAR VIA @billieeilish Billie Eilish

Namun, ada baiknya menyimak saran dari pakar tentang cara memilih wig agar tak terlihat seperti rambut palsu.

Berikut adalah tips menghasilkan tampilan wig alami yang dilansir dari Essence pada Jumat (19/03/2021).

  • Beli wig yang pas di kepala

Pilih wig dengan ukuran yang benar-benar pas. Sebelum membeli, ukur kepala dari ujung telinga telingan dan dahi ke tengkuk.

Saat ini banyak wig yang dijual dengan tali namun akan lebih baik jika ukurannya benar-benar sesuai dengan kepala kita.

Baca juga: Cantiknya Lady Gaga dengan Warna Rambut Gelap

  • Cabut bagian rambut halusnya

Enters Mayvenn, hair experts menyarankan untuk mencabut rambut halus yang ada di garis depan rambut untuk tampil lebih natural. "Harus ada efek gradian," jelasnya.

  • Potong agar sesuai dengan bentuk wajah

Wig yang dibeli belum tentu sesuai dengan bentuk wajah kita. Karena itu, tak ada salahnya memotongnya sedikit di bagian yang dibutuhkan.

Buat potongan pertama di tengah dahi menuju garis rambut dan pastikan tidak memotong rambut halusnya terlalu banyak.

  • Blending

Kita membutuhkan sedikit sentuhan make up agar wig nampak seperti rambut asli. Baurkan bedak dan concealer di sepanjang garis rambut dan belahannya.

Lakukan dengan kuas atau tangan hasil yang merata. Cara ini akan membuat tepian wig menyatu dengan warna kulit sekaligus menyembunyikan perbedaannya.

Baca juga: Trik Sederhana Agar Makeup Tak Luntur di Balik Masker

  • Ratakan rambut asli

Ratakan rambut asli agar wig bisa terpasang sempurna. Cara paling umum untuk mempersiapkan rambut  untuk pemasangan wig biasanya dengan memakai stoking kepala atau penutup khusus lainnya.

  • Gunakan wig dari rambut manusia

Saat ini banyak produk wig yang terbuat dari bahan sintetis dan lebih murah. Meskipun lebih mahal, pastikan selalu memakai wig yang terbuat dari rambut asli manusia.

Cara ini menjadi prinsip dasar untuk tampilan rambut palsu yang terlihat alami. Rawat wig tersebut seperti rambut asli pula dengan cara menyisir dan mencucinya dengan sampo secara alami.

Baca juga: 5 Artis Indonesia yang Kerap Kali Pakai Rambut Palsu Saat Tampil

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com