Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Berkemah di Tengah Pandemi? Perhatikan 4 Hal Ini

Kompas.com - 20/03/2021, 15:21 WIB
Maria Adeline Tiara Putri,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bermain di alam menjadi pilihan banyak orang untuk melepaskan penat di kala merasa jenuh. Terlebih di tengah situasi pandemi seperti sekarang, rekreasi di ruang terbuka adalah pilihan aman.

Menurut sejumlah ahli, tempat terbuka jauh lebih aman sehingga meminimalisir risiko terpaparnya virus.

Selain itu, bermain di alam dapat membantu mengurangi stres dan memungkinkan untuk kembali terhubung dengan diri sendiri.

Di akhir pekan, berkemah bersama keluarga atau teman bisa menjadi pilihan menarik apabila ingin bermain di alam.

Tapi jangan lupa untuk memastikan keamanan sebelum pergi berkemah. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum pergi berkemah.

Baca juga: Tips Pertama Kali Kemping Bersama Anak

1. Lakukan riset

Sebelum menentukan tempat, coba kunjungi lokasi berkemah yang dekat dengan rumah. Lihat situasinya, apakah banyak orang yang datang atau tidak. Hindari memilih tempat yang ramai.

Selain itu, pastikan tempat berkemah tersebut memiliki fasilitas yang menunjang keamanan. Misalnya tempat mencuci tangan dan kamar mandi yang bersih.

Berkemahshutterstock Berkemah

2. Jaga jarak

Walaupun mungkin tidak banyak orang yang kemping, tetaplah ingat untuk jaga jarak dengan orang lain. Ini merupakan langkah pencegahan agar terhindar Covid-19.

3. Pertimbangkan risiko

Di sekitar tempat berkemah mungkin ada fasilitas permainan untuk anak-anak. Bila anak ingin bermain, pertimbangkan faktor risikonya.

Ingatkan anak untuk selalu memakai masker dan menjaga jarak dengan orang lain. Selain itu, pastikan untuk menjaga kebersihan tangan anak.

Baca juga: Soekapi Camp Bogor, Camping ala Hotel di Lereng Gunung Salak

4. Terapkan protokol kesehatan

Jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan selama berkemah meskipun perginya bersama teman atau kerabat dekat.

Pastikan semua yang pergi dalam keadaan sehat. Jangan memaksakan diri untuk tetap pergi apabila ternyata sedang sakit atau salah satu ada yang habis kontak dengan pasien Covid-19.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com