Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/03/2021, 11:00 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Warga Finlandia memiliki sejumlah kebiasaan yang sukses menjadikan mereka sebagai bangsa paling bahagia di dunia. 

Negara yang terletak di Eropa Utara ini terkenal dengan pemandangan alamnya yang begitu indah. Namun bukan itu alasan masyarakatnya didapuk sebagai warga paling bahagia.

Sejumlah indikator yang dipakai antara lain kualitas hidup, kesehatan, dan kepercayaan publik pada pemerintah.

Namun tentu saja kebahagiaan ini juga berkaitan dengan pola hidup yang dianut oleh masyarakat dengan kepadatan paling rendah di Eropa ini.

Baca juga: Sukses Tangani Covid-19, Finlandia Jadi Negara Paling Bahagia

Agar bisa merasakan kesenangan yang sama sebenarnya tidak sulit. Berikut adalah 5 cara berbahagia ala warga Finlandia seperti yang dikutip dari CN Traveler pada Sabtu (20/03/2021) antara lain:

  • Mandi air dingin di pagi hari

Iklim di Finlandia cenderung lebih dingin dibandingkan di negara lain termasuk Indonesia. Meski demikian, masyarakatnya kerap mengawali hari dengan mandi air dingin.

Lebih ekstrem lagi, banyak yang menyukai sensasi melompat ke danau es yang membeku begitu bangun pagi. Untuk alternatif yang lebih modern, banyak tersedia pula kolam renang es dengan berbagai fasilitasnya.

Cara ini dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi seiring meningkatnya produksi serotonin dengan dopamin. Kedua hormon ini umum diketahui dapat meningkatkan mood menjadi lebih baik.

Masyarakat Finlandia sangat menyukai membaca buku. Hal ini dibuktikan dengan jumlah peminjam buku yang mencapai 68 juta buku setahun.

Padahal jumlah warga negara sendiri hanya ada di angka 5,5 juta orang. Membaca buku juga menjadi salah satu alternatif favorit pengisi waktu saat pandemi pertama kali merebak di negara ini.

Untuk merasakan sensasi yang serupa, biasakan lebih banyak membaca buku dan kurangi berselancar di media sosial.

Baca juga: Mengapa Finlandia dan Denmark Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia?

  • Beriwisata ke hutan meskipun secara virtual

Ilustrasi hutan. Ilustrasi hutan.

Alam Finlandia terdiri dari banyak hutan pinus yang segar menyegarkan dan nyaman untuk dikunjungi. Orang Finlandia juga percaya jiwa mereka terkait dengan hutan dan elemen magisnya.

Karena itu berwisata ke hutan menjadi salah satu agenda favorit mereka. Kebiasaan ini juga dipertahankan meski dalam pandemi dengan berjalan-jalan secara virtual.

Kita juga bisa menerapkan hal ini dengan semakin sering menikmati alam sekitar. Bisa dengan datang ke hutan atau taman di sekitar pemukiman atau berkemah bersama keluarga terdekat.

Baca juga: Apa yang Bisa Kita Tiru dari Negara Paling Bahagia di Dunia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com