Kompas.com - 21/03/2021, 11:00 WIB
Helsinki, Finlandia. Shutterstock/A StudioHelsinki, Finlandia.

KOMPAS.com - Warga Finlandia memiliki sejumlah kebiasaan yang sukses menjadikan mereka sebagai bangsa paling bahagia di dunia. 

Negara yang terletak di Eropa Utara ini terkenal dengan pemandangan alamnya yang begitu indah. Namun bukan itu alasan masyarakatnya didapuk sebagai warga paling bahagia.

Sejumlah indikator yang dipakai antara lain kualitas hidup, kesehatan, dan kepercayaan publik pada pemerintah.

Namun tentu saja kebahagiaan ini juga berkaitan dengan pola hidup yang dianut oleh masyarakat dengan kepadatan paling rendah di Eropa ini.

Baca juga: Sukses Tangani Covid-19, Finlandia Jadi Negara Paling Bahagia

Agar bisa merasakan kesenangan yang sama sebenarnya tidak sulit. Berikut adalah 5 cara berbahagia ala warga Finlandia seperti yang dikutip dari CN Traveler pada Sabtu (20/03/2021) antara lain:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Mandi air dingin di pagi hari

Iklim di Finlandia cenderung lebih dingin dibandingkan di negara lain termasuk Indonesia. Meski demikian, masyarakatnya kerap mengawali hari dengan mandi air dingin.

Lebih ekstrem lagi, banyak yang menyukai sensasi melompat ke danau es yang membeku begitu bangun pagi. Untuk alternatif yang lebih modern, banyak tersedia pula kolam renang es dengan berbagai fasilitasnya.

Cara ini dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi seiring meningkatnya produksi serotonin dengan dopamin. Kedua hormon ini umum diketahui dapat meningkatkan mood menjadi lebih baik.

Masyarakat Finlandia sangat menyukai membaca buku. Hal ini dibuktikan dengan jumlah peminjam buku yang mencapai 68 juta buku setahun.

Padahal jumlah warga negara sendiri hanya ada di angka 5,5 juta orang. Membaca buku juga menjadi salah satu alternatif favorit pengisi waktu saat pandemi pertama kali merebak di negara ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.