Kompas.com - 22/03/2021, 11:45 WIB
Ilustrasi tempat tidur, tempat tidur minimalis, seprai. SHUTTERSTOCK/Photographee.euIlustrasi tempat tidur, tempat tidur minimalis, seprai.

KOMPAS.com - Berada di rumah memang lebih aman dan nyaman, apalagi jika selalu rajin bersih-bersih. Kendati begitu sebenarnya ada beberapa tempat yang jadi favorit kuman. Salah satunya tempat tidur.

Karenanya kita wajib mengganti seprai secara rutin walau masih terlihat nyaman dipakai tidur.

Setiap hari, tak terhitung sel yang kita buang dari kulit bersama dengan keringat, serbuk sari, bulu hewan peliharaan, dan jamur, semuanya "menemani" kita di tempat tidur saat kita beristirahat.

Seprai juga menumpuk minyak, keringat, daki, dan bekas makeup.

"Tidak mencuci seprai secara teratur membuat semua ini (kotoran) bersentuhan dengan kulit Anda selama beberapa jam saat Anda tidur," kata Joshua Zeichner, MD, ahli riset dermatologi dan kosmetik di Mount Sinai Hospital, New York, Amerika.

Baca juga: Seberapa Sering Sebaiknya Seprai Dicuci?

Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari iritasi kulit hingga jerawat bahkan infeksi dalam skenario terburuk.

Zeichner menyarankan untuk mencuci seprai sekali seminggu, atau lebih sering jika ada kotoran yang terlihat.

Mencuci seprai lebih sering

Ada pengecualian untuk aturan mencuci seprai satu minggu sekali, menurut Raman Madan, MD, direktur dermatologi kosmetik di Northwell Health.

Madan menyebut, orang yang harus lebih sering mencuci seprai adalah mereka yang sedang sakit, tidur tanpa mengenakan pakaian dan tidak mandi setelah berolahraga atau berada di luar rumah dalam waktu lama.

"Anda dapat membawa banyak kuman dan alergen ke seprai yang tidak akan bersih tanpa dicuci," katanya.

Baca juga: Tips Feng Shui, Jangan Taruh Tanaman di Kamar Tidur

Para ahli merekomendasikan untuk mencuci seprai setidaknya seminggu sekali. Sayangnya, orang tetap menunda mencuci mereka mengetahui adanya kotoran di seprai tersebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X