Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/03/2021, 12:19 WIB
Intan Pitaloka,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kita sering dianjurkan untuk rutin olahraga, makan teratur dan bergizi, cukup istirahat dan menjauhi stres agar selalu sehat. Namun jarang sekali ada yang menyarankan untuk rutin bercinta. 

Mungkin saran ini terdengar lucu, tapi berhubungan seks ternyata memiliki banyak manfaat sekaligus mencegah beberapa permasalahan kesehatan, baik itu fisik maupun mental.

Melakukan aktivitas seks sama seperti berolahraga. Kita membutuhkan kelenturan, kebugaran dan daya tahan tertentu. Selain itu, pria yang rutin berhubungan seks dan mendapatkan orgasme cenderung memiliki suasana hati yang lebih baik.

Baca juga: Bercinta Bisa Bakar Kalori, Benarkah?

Di lain pihak, jarang berhubungan seks dapat mempengaruhi kesehatan, bahkan ada potensi-potensi penyakit yang bisa muncul. Namun, untungnya, ini bisa diatasi dengan masturbasi, bagi mereka yang belum memiliki pasangan. 

Dilansir dari Man of Many, Berikut 4 akibat yang mungkin timbul jika kamu tidak pernah atau jarang berhubungan seks:

1. Resiko tinggi kanker prostat

Menurut penelitian, pria yang ejakulasi sedikitnya 21 kali dalam sebulan memiliki risiko lebih rendah terkena kanker prostat dibandingkan mereka yang hanya ejakulasi 4-7 kali dalam sebulan.

Pria yang mengalami ejakulasi kurang dari 4 kali sebulan juga memiliki peningkatan risiko kematian akibat kondisi medis lainnya.

Baca juga: Tips Hindari Kanker Prostat, Sering Bercinta dan Stop Suplemen Vitamin E

2. Sistem kekebalan tubuh melemah

Seks secara teratur dilaporkan dapat membantu fungsi kekebalan, menurunkan tekanan darah, dan mengelola tingkat stres.

Kontak dekat dengan manusia lainnya meskipun itu bukan kontak seksual, juga terbukti meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Sistem kekebalan tubuh kita merespons ancaman asing seperti racun, virus, alergen, dan bakteri. Menjaga kesehatannya sangat penting untuk kenyamanan dan kesehatan tubuh.

Baca juga: Rutin Bercinta Bikin Hidup Lebih Sehat

3. Blue Balls

Blue Balls mengacu pada rasa sakit di testis yang mungkin bisa dialami seseorang setelah terangsang tetapi tidak ejakulasi. Meskipun tidak berbahaya, itu pasti membuat tidak nyaman. 

4. Stres

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com