Kompas.com - 22/03/2021, 14:16 WIB
. SHUTTERSTOCK/SHISU_KA.

KOMPAS.com - Berada dalam kondisi terpaksa menahan dorongan buang aib besar (BAB) pasti merupakan pengalaman yang menyulitkan, bagi siapa pun. Dan, keadaan ini pasti pernah dialami oleh banyak orang.

Bisa saja, saat itu kita sedang di dalam perjalanan di tol, tiba-tiba perut sakit dan ingin BAB. 

Belum lagi, jika sedang ada rapat via Zoom yang mengharuskan kamu on camera atau menyalakan kamera, tetapi perut terus bergejolak mengajak untuk segera ke kamar mandi.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini 10 Penyebab Sakit Saat BAB dan Solusinya

Kita mungkin masih bisa menahan dorongan itu pada kadar tertentu. Namun, yang menjadi pertanyaannya adalah apakah kebiasaan semacam ini baik untuk kesehatan?

Dalam episode terbaru serial video "Daily Digest", Ahli Gastroenterologi Dr. Sameer Islam menjelaskan apa yang bisa terjadi jika kita kerap menahan untuk buang air besar.

"Setiap kali kita menahan kotoran atau buang air besar, ada beberapa hal yang dapat terjadi yang mungkin tidak baik untuk kesehatan," kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tindakan menahan dorongan BAB bisa menyebabkan sembelit.

"Masalahnya adalah tubuh akan terbiasa untuk merespons tidak ingin buang air besar, dan ini dapat menyebabkan kita sulit untuk buang air besar," kata Islam.

"Kita bisa mengalami sakit perut yang sangat parah, dan masalahnya adalah tubuh akan mengalami disfungsi."

"Otot-otot rektal tidak bekerja dengan benar. Dan, karena tidak bekerja, inilah yang akan membuat kita malah jadi sulit untuk BAB," sebut dia.

Baca juga: 5 Hal Penting Ini Membantu BAB Lebih Rutin

Halaman:


Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.