Kompas.com - 22/03/2021, 19:50 WIB
Ilustrasi ayah dan anak memasak jacoblundIlustrasi ayah dan anak memasak
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Saat ini tidak sedikit perempuan yang bekerja, sehingga seringkali suami harus berganti di rumah sebagai bapak rumah tangga untuk mengurusi anak-anak.

Menjadi seorang bapak rumah tangga bukanlah hal yang bisa dianggap mudah, sehingga ada beberapa persiapan yang harus dilakukan.

Apalagi, tinggal di rumah bisa berarti kita tidak memiliki waktu luang yang cukup untuk diri sendiri karena kewajiban melakukan pekerjaan rumah tangga, serta mengurusi anak-anak.

Di samping itu, ada beberapa hal-hal penting yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menjadi bapak rumah tangga, seperti yang dilansir dari laman Very Well Family berikut ini.

1. Mendapatkan dukungan keluarga

Saat kita membuat pilihan untuk menjadi bapak rumah tangga, tentu saja hal itu akan memengaruhi semua orang di dalam keluarga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meskipun tampaknya pasangan dan anak-anak kita mengatakan "ya", mereka mungkin memiliki kekhawatiran yang belum kita pertimbangkan.

Penting sekali untuk mendiskusikan keputusan menjadi bapak rumah tangga bersama pasangan dan anak-anak jika mereka sudah cukup dewasa dalam membantu memproses gagasan tersebut.

Namun, apabila kita tidak mendapat dukungan dari mereka, maka tidak ada gunanya melanjutkan.

Cari tahu setiap aspek yang akan berubah dan pastikan keluarga merasa nyaman sebelum sampai pada kesimpulan konkret untuk menjadi bapak rumah tangga.

Baca juga: 5 Stereotip yang Harus Dihadapi Bapak Rumah Tangga

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.