Kompas.com - 22/03/2021, 21:45 WIB
Bermain catur memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan mental. PIXABAY/JARMOLUKBermain catur memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan mental.

KOMPAS.com - Catur masuk ke dalam kategori olahraga, meskipun permainan ini tidak membantu seseorang membentuk tubuhnya seperti jika melakukan olahraga-olahraga lainnya.

Tapi, manfaat bermain catur sangat luar biasa terhadap kesehatan mental dan ini sudah diketahui sejak lama.

Permainan catur juga bisa menjadi salah satu aktivitas untuk mengisi waktu di masa pandemi. Anda bisa memilih bermain catur konvensional di papan catur atau bermain catur online.

Cara mana pun yang Anda pilih, inilah yang mungkin terjadi pada otak ketika Anda bermain catur:

1. Meningkatkan IQ

Sebuah studi yang melibatkan 4.000 orang murid dari Venezuela menunjukkan bahwa bermain catur dapat secara signifikan meningkatkan skor intelligence quotient (IQ) mereka, baik pada murid laki-laki maupun perempuan.

Hasil itu terlihat setelah para murid terlibat dalam permainan tersebut selama empat bulan.

Studi lainnya mengungkapkan bahwa permainan ini dapat menguatkan transfer keterampilan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Jenis-jenis Hobi Ini Bisa Meningkatkan IQ, Yuk Coba!

2. Membantu mencegah Alzheimer

Otak bekerja seperti otot. Jika otot membutuhkan olahraga untuk tetap sehat dan terhindar dari cedera, begitu pula otak.

Sebuah studi yang diulas dalam The New England Journal of Medicine menemukan bahwa para partisipan berusia di atas 75 tahun yang terlibat dalam aktivitas mengasah otak, seperti catur, cenderung lebih tidak berisiko mengembangkan demensia ketimbang orang-orang yang tidak memainkannya.

Sama seperti otot yang tidak dilatih, salah satu penulis studi tersebut menemukan bahwa jaringan otak yang tidak digunakan dalam waktu lama akan kehilangan kekuatannya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X