Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekuatan Sinergi di Gunung Balong, "Kalahkan" Pandemi Covid-19

Kompas.com - 23/03/2021, 06:00 WIB
Glori K. Wadrianto

Penulis

KOMPAS.com - Seorang perempuan berambut pendek, dengan kemeja biru muda berhias syal yang dibelitkan di leher, berdiri seorang diri di teras sekolah.

"Sudah siap berbelanja? Saya sudah siap. Yuk, kita kunjungi toko-toko kelas yang sudah disiapkan dengan baik oleh ananda," kata dia sambil terus tersenyum.

Para pengunjung yang datang siang itu adalah murid dan orangtua di sekolah dasar Gemala Ananda.

Sementara, perempuan yang menyambut kedatangan para tamu itu adalah Jasmin Jasin, pendiri sekaligus kepala di sekolah itu.

Gemala Ananda adalah sekolah berbasis komunitas yang saat didirikan pada tahun 2007 hanya memiliki empat murid, dan menempati rumah tua dekat RS Fatmawati, Jakarta Selatan.

Baca juga: Untukmu Kawan, Kolaborasi demi Bangkitnya Lagu Anak Indonesia...

Baru sekitar delapan tahun terakhir, murid dan guru di sekolah tersebut bisa menempati gedung sekolah di Jalan Gunung Balong -tak jauh dari lokasi pertama.

Kini, ada 336 bocah SD, dengan 70 guru dan staf yang bernaung di sekolah itu.

Bila ditambah dengan jumlah orangtua yang hadir, maka bisa dibayangkan bagaimana riuhnya acara pembukaan business week (SGA BizzWeek), pada Sabtu (20/3/2021) lalu.

SGA BizzWeek adalah acara rutin tahunan, yang semula dikenal dengan nama "business day".

"Mulai pertamanya 12 Juni 2009. Jadi sekarang yang ke-13," kata Jasmin Jasin dalam perbincangan dengan Kompas.com, Senin (22/3/2021).

"Tujuan awalnya kepenginnya anak-anak belajar mengenai berbisnis, berwirausaha, bukan hanya jual beli, tetapi juga punya pengalaman -walaupun sederhana, kalau bikin bisnis seperti apa sih?" kata Jasmin.

Keriaan di tengah pandemi Covid-19

Dua siswa SD Gemala Ananda sedang mempresentasikan produk barang dan jasa kreasi mereka untuk dipasarkan dalam acara BizWeek, Sabtu (20/3/2021)KOMPAS.com/GLORI K WADRIANTO Dua siswa SD Gemala Ananda sedang mempresentasikan produk barang dan jasa kreasi mereka untuk dipasarkan dalam acara BizWeek, Sabtu (20/3/2021)
Akibat deraan pandemi Covid-19, nama event ini pun berubah menjadi BizzWeek.

Tak cuma nama, format acara ini pun berubah total. Jika biasanya hanya digelar satu hari, kali ini rangkaian acara berlangsung hingga Sabtu (27/3/2021).

Juga, jangan membayangkan jika penyambutan tamu oleh Jasmin tadi dilakukan secara fisik. Tidak.

Jasmin berdiri dan menyapa di teras sekolah sebagai sosok virtual dalam mode interaktif  virtual reality 360º.

Sama halnya dengan sejumlah siswa yang bertugas menjadi penerima tamu di depan kelas, yang disulap menjadi kios-kios tempat mereka menjajakan dagangan.

Baca juga: Sekolah Tatap Muka Belum Bisa Dibuka Kembali, Kenapa?

Anak-anak menyapa dan mengajak pembeli untuk masuk ke kios mereka. Lewat virtual tour ini, orangtua dan semua siswa dapat menyusuri tiap sudut di gedung sekolah itu.

Dengan menggerak-gerakkan mouse, siapa pun bisa memasuki tiap-tiap kelas, untuk melihat dan memesan barang/jasa yang ditawarkan.

Cukup memilih dan memasukkan barang/jasa ke dalam keranjang belanja, dan pembeli akan dialihkan ke marketplace Gemala Ananda, yang sudah disediakan lengkap dengan payment gateway-nya.

Sensasinya sama persis seperti toko online yang kini banyak dikenal di Indonesia.

Barang/jasa yang ditawarkan dalam acara ini tentu amatlah sederhana, khas anak-anak.

Ada beraneka makanan kecil -brownies, kastengel, sereal bar-  yang pembuatannya dilakukan oleh anak-anak dengan bantuan orangtua.

Lalu, beragam ide kreatif digital, seperti wallpaper, daily planner, aneka gim, serta buku dan majalah elektronik.

Selain itu, ada pula sejumlah tiket dalam kategori jasa, seperti pelatihan doodle, kaligrafi, petunjukan musik, pertunjukan dongeng, dan jasa photo editing.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com