Kompas.com - 23/03/2021, 08:29 WIB

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan mengubah cara hidup manusia. Rumah dan keluarga menjadi pusat aktivitas, baik untuk bekerja, belajar, atau pun bersosialisasi yang kini dilakukan secara virtual.  

Proses pembelajaran jarak jauh membuat anak-anak kehilangan interaksi sosial dengan teman sebayanya.

"Membantu anak-anak untuk tetap menjalin pertemanan dengan cara yang realistis merupakan tantangan selama masa pandemi," kata psikolog klinis Rebecca Kennedy kepada Yahoo Life.

Apabila anak kita —terutama para remaja— mulai merindukan teman-temannya itu bukanlah kesalahan kita dalam mengasuh mereka. Tetapi, interaksi sosial memang penting di usia ini.

Seorang psikolog klinis di Child Mind Institute, Janine Domingues mengatakan, bahwa sebagai makhluk sosial kita sangat membutuhkan koneksi dengan sesama untuk menghindari stres.

Baca juga: Punya Banyak Teman Bisa Bikin Sehat

"Memiliki hubungan pertemanan juga dapat mengajarkan anak-anak banyak keterampilan dalam memecahkan masalah maupun bekerja sama," terangnya.

Oleh sebab itu, jika anak-anak sudah mulai bosan di rumah dan ingin berinteraksi dengan temannya, cobalah beberapa tips yang dapat membantu anak tetap bersosialisasi dengan aman seperti berikut ini.

1. Rencanakan panggilan dengan teman

Kita bisa memanfaatkan panggilan virtual melalui aplikasi FaceTime atau Zoom agar anak-anak semakin mudah mengobrol bersama dengan temannya.

Namun, bagi anak-anak yang lebih kecil, mungkin sulit bagi mereka untuk mempertahankan percakapan dengan teman secara online seperti yang dilakukan anak-anak yang lebih besar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.