Kompas.com - 23/03/2021, 09:12 WIB

KOMPAS.com – Pepatah kuno yang ditulis William Shakespeare mengatakan, mata merupakan jendela jiwa. Maksudnya, dengan hanya melihat mata, akan terlihat emosi, perilaku, dan pikiran yang tersembunyi dalam diri seseorang.

Meski terdengar klise, hal itu dibenarkan oleh peneliti dari Universitas Edinburgh, Skotlandia Anthony Fallone. Menurutnya, terdapat kaitan antara warna iris mata dengan karakter atau watak seseorang.

“Secara neurologis, mata berkaitan dengan otak. Warna mata memegang petunjuk penting menegani fungsi otak kita,” kata Anthony kepada Little Things, Rabu (3/6/2015).

Sebelumnya, para ilmuwan di Orebro University, Swedia melakukan penelitian terhadap 428 orang untuk mengetahui apakah warna mata berkaitan dengan kepribadian yang dimiliki manusia.

Baca juga: Mata Minus dan Plus Tinggi Berisiko Glaukoma, Ini Penyebab, Gejala hingga Terapinya

Hasilnya menunjukkan bahwa warna mata manusia dipengaruhi oleh gen sama yang membentuk lobus frontal dalam otak manusia.

Lobus frontal merupakan bagian otak besar yang berperan penting dalam mengatur emosi dan pengendalian diri.

Dilansir The Telescope, Rabu (28/1/2021), warna pada iris mata ditentukan oleh seberapa banyak melanin yang terkandung dalam mata. Semakin gelap warna mata yang dimiliki seseorang, maka semakin besar pula kandungan melanin di dalamnya.

Sekadar informasi, melanin adalah pigmen yang memberi warna pada kulit, bola mata, rambut, dan bibir. Pigmen yang terbentuk dari sel-sel melanosit ini membuat bagian tertentu dalam tubuh menjadi gelap.

Jenis kepribadian yang ditentukan lewat iris mata ini tentunya sangat menarik untuk disimak. Melansir Little Things, Senin (22/3/2021), berikut deretan kepribadian yang didasarkan pada warna mata.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Warna Mata yang Dialami Balita Asal Bandung

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.