Kompas.com - 23/03/2021, 11:25 WIB
Putri Diana diabadikan saat mengenakan celana panjang motif kotak-kotak berwarna merah muda yang serasi dengan jumper merah muda dan kemeja putih. Hasil tangkap layar EvokePutri Diana diabadikan saat mengenakan celana panjang motif kotak-kotak berwarna merah muda yang serasi dengan jumper merah muda dan kemeja putih.

KOMPAS.com - Gangguan pola makan atau eating disorder sangat erat kaitannya dengan persepsi akan bentuk tubuh yang ideal. Hal ini yang menyebabkan banyak pesohor wanita kerap mengalami gangguan ini.

Ada anggapan yang umum bahwa para penyanyi, aktrik dan model harus memiliki bentuk tubuh yang ideal. Tak heran ada sejumlah bintang yang dikenal pernah mengidap eating disorder, baik anoreksi maupun bulimia.

Mereka ketakutan akan kehilangan pekerjaan dan popularitasnya sehingga memicu perilaku ini. Penyakit ini memang kebanyakan diderita oleh wanita dan berkembang mulai saat remaja sampai usia dewasa.

Anxiety and Depression Association of America (ADAA) menyebutkan bahwa eating disorder kerap muncul bersamaan dengan gangguan kecemasan. Karena itu, penanganannya sering bersamaan meski tidak menjamin kesuksesan untuk keduanya.

Umumnya penderita eating disorder akan diberikan terapi perilaku kognitif untuk mengubah pola pikir dan perilaku penderita. Selain itu, disertai pula dengan minum obat dan konseling nutrisi.

Baca juga: 6 Jenis Eating Disorder, Kenali Gejalanya Agar Cepat Tertangani

Sejumlah artis wanita di bawah ini sudah pernah menderita penyakit ini dan berhasil menyembuhkan diri antara lain:

Penyanyi pop ini membuat pengakuan soal penyakitnya dalam serial dokumeter Netflix, Miss Americana. Hal ini dideritanya setelah kerap membaca berita mengenai penampilan fisiknya yang dinilai gemuk atau rumor kehamilan karena beratnya bertambah.

Ia mulai membenci makanan dan mengurangi asupan hariannya demi tampil lebih baik. Namun kini mantan kekasih Harry Styles ini telah sembuh dan menyadari makanan dapat membuatnya lebuh berenergi ketika tampil di atas panggung.

Bridget Malcolm didandani sebelumperagaan busana Victoria's Secret 2015 di Lexington Avenue Armory pada 10 November 2015 di New York City.   Dimitrios Kambouris/Getty Images for Victoria's Secret/AFPDimitrios Kambouris Bridget Malcolm didandani sebelumperagaan busana Victoria's Secret 2015 di Lexington Avenue Armory pada 10 November 2015 di New York City. Dimitrios Kambouris/Getty Images for Victoria's Secret/AFP

  • Bridget Malcolm

Model dikenal harus memiliki proporsi tubuh yang ideal dan ukuran pakaian 0. Apalagi jika menjadi representasi dari produk pakaian dalam ternama seperti Victoria Secret.

Bridget Malcolm, salah satu angel Victoria Secret, mengungkapkan jika ia pernah menderita gangguan makan sehingga mengalami kelelahan sepanjang hari dan rambut rontok. Model Australia ini juga mengalami kecemasan dan mengisolasi diri dari sekitarnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X