Kompas.com - 23/03/2021, 11:57 WIB
Ilustrasi tidur di kantor CreatasIlustrasi tidur di kantor
|
Editor Wisnubrata

 

KOMPAS.com - Apakah kamu pernah berpikir tentang bagaimana posisi saat kamu tidur? Lalu, apakah kamu tahu ternyata ini ada kaitannya dengan kondisi kesehatan?

Posisi tidur ternyata bisa mencerminkan kepribadian dan kondisi yang sedang kita alami. Entah sedang kelelahan, banyak pikiran, atau berkaitan dengan kesehatan fisik.

“Kebanyakan orang menghabiskan enam jam atau lebih per hari untuk tidur, jadi tentu saja posisi tidur dapat mengungkapkan banyak hal tentangmu,” kata David Greuner, MD, FACS, FICS dari NYC Surgical Associates.

Michelle Robin, DC menambahkan bahwa posisi tidur juga dapat memengaruhi kesehatan.

“Jika kamu tetap dalam posisi yang sama selama berjam-jam, ini dapat membuat lehermu terasa kaku, lengan kebas, atau pinggulmu sakit, dan bisa berdampak buruk,” jelasnya.

Tak hanya tidak baik untuk kesehatan fisik, tetapi posisi tidur yang salah juga bisa berpengaruh dengan kondisi mental dan energimu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, ternyata kita bisa mengatur posisi tidur kita, lho. Tentu ini untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal dan kualitas tidur yang baik.

Baca juga: Posisi Tidur Ternyata Mempengaruhi Mimpi, Benarkah?

Simak arti bahasa tubuhmu melalui posisi tidur berikut, yang dilansir dari Reader's Digest:

1. Meringkuk seperti bayi

Ilustrasi tidur dengan gulingLiudmylaSupynska Ilustrasi tidur dengan guling
“Banyak orang tertidur dalam posisi seperti janin atau bayi di dalam kandungan, karena berbaring menyamping mampu memberikan mereka rasa aman saat mereka tertidur,” kata Susanne Flother, desainer kasur Somnium Beds.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.