Kompas.com - 23/03/2021, 13:56 WIB
Ilustrasi menyilangkan kaki shutterstockIlustrasi menyilangkan kaki

KOMPAS.com - Bahasa tubuh adalah salah satu bentuk komunikasi non-verbal dan tidak semua orang dapat memahaminya dengan baik.

Apabila kita sudah cukup mengetahui bahasa tubuh dan apa saja makna di baliknya, maka kita dapat mengungkap petunjuk tentang perasaan atau karakter seseorang.

Nah, berikut ini adalah beberapa bahasa tubuh yang dapat kita pelajari maknanya.

1. Menyilangkan tangan

Menyilangkan tanganmenandakan sesuatu hal yang negatif. Hal ini diungkapkan dalam buku the Definitive Book of Body Language, karya ahli bahasa tubuh Barbara dan Allen Pease.

Di antaranya, seseorang sedang memberikan jarak, merasa tidak aman, cemas, defensif, atau keras kepala.

Baca juga: Bahasa Tubuh Pangeran William Saat Merespons Wawancara Harry-Meghan

Tapi lengan yang disilangkan juga dapat berarti positif, yang menandakan seseorang lebih baik dalam bertahan pada tugas yang sulit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebuah penelitian mengungkap, 30 persen orang dewasa yang menyilangkan tangan saat ditanyai soal matematika yang sulit, lebih mungkin terus berusaha menyelesaikannya daripada yang mempertahankan tangan di atas meja.

"Tindakan menyilangkan tangan memanfaatkan otak kiri dan kanan, serta menciptakan fungsi kognitif yang lebih tinggi," kata penulis buku You Can’t Lie to Me, Janine Driver.

Dalam video Wired 2019, mantan agen FBI Joe Navarro bahkan menyebut menyilangkan tangan sebagai isyarat "menenangkan diri" yang dimaksudkan untuk menghibur diri sendiri.

Jadi, lain kali ketika kita menghadapi seseorang dengan pertanyaan sulit dan mereka menyilangkan tangan, jangan berasumsi kita telah membuatnya marah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.