Kompas.com - 24/03/2021, 06:27 WIB
Ilustrasi anak mengeksplorasi hobi melukis dan menggambar. SHUTTERSTOCKIlustrasi anak mengeksplorasi hobi melukis dan menggambar.

KOMPAS.com - Mental yang kuat akan membantu anak melalui tantangan-tantangan berat dalam hidup.

Untuk membentuk mental kuat, setidaknya ada tiga hal yang perlu diperhatikan, yakni bagaimana anak berpikir, merasa, dan beraksi.

Tapi, tentu saja itu semua membutuhkan praktik, kesabaran dan penguatan yang konstan agar bisa mencapai titik tersebut secara alami.

Psikoterapis sekaligus editor-in-chief Verywell Mind Amy Morin menyebutkan ada tujuh hal yang dimiliki anak-anak dengan mental kuat. Jika anak Anda belum memilikinya, maka berusalah membantu mereka mencapai tujuh hal ini:

1. Mampu memberdayakan diri

Anak sering kali merasa tidak berdaya ketika anak lainnya lebih baik. Misalnya, ketika nilai ulangannya jeblok sementara anak lainnya mendapatkan nilai lebih baik.

Dalam hal ini, anak seolah memberikan orang lain energi melalui emosinya.

Namun, anak yang terberdayakan tidak bergantung pada orang lain untuk merasa dirinya mampu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk menciptakan mentalitas ini, orangtua bisa mengajarkan anak frasa-frasa yang bisa mereka ulang untuk menyemangati diri.

Gunakan kata-kata yang bertanggung jawab atas bagaimana mereka berpikir, merasa, dan berperilaku, terlepas dari apa yang dilakukan orang-orang di sekitar mereka.

Kata-kata seperti "aku bisa melakukan yang terbaik", "aku cukup hebat" atau "aku memilih untuk bahagia hari ini" bisa membantu anak mengeliminasi suara-suara negatif di kepala mereka yang akan menghalangi mereka dari kesuksesan di masa depan.

Baca juga: Tips Mengajarkan Anak agar Suka Menolong

Halaman:


Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.