Kompas.com - 24/03/2021, 09:11 WIB
Ilustrasi makanan sehat shutterstockIlustrasi makanan sehat
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bad mood memang bisa terjadi pada siapa saja, baik itu pria atau pun wanita. Namun, kebanyakan dari kita berusaha mengusirnya dengan makanan yang justru bisa memicu stres baru dalam jangka panjang.

Seperti yang dikatakan David Ludwig, seorang profesor pediatri dan nutrisi di Universitas Harvard, "Ketika kita merasa stres, kita mencari makanan yang akan segera menghibur kita,"

"Tetapi sering kali makanan itu justru bisa menyebabkan lonjakan dan kerusakan dalam hormon dan gula darah yang meningkatkan kerentanan kita terhadap stres baru."

Makanan memang bisa mempengaruhi kondisi kimiawi tubuh kita, dan kondisi kimiawi itu juga berperan pada suasana hati seseorang.

Artinya makanan bisa membuat kita makin stres atau memperbaiki suasana hati, tergantung pada jenis makanan dan kebutuhan tubuh masing-masing orang.

Baca juga: Mengapa Makanan Bisa Pengaruhi Mood Kita?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Agar tidak keliru, berikut makanan sehat yang bisa meningkatkan mood bila dimakan dalam porsi yang tepat:

1. Biji labu

Biji labu adalah sumber potasium, fosfor, seng dan magnesium. Kekurangan mineral penting ini dapat menyebabkan risiko sakit kepala, kecemasan, kelelahan, insomnia, kegugupan, dan tekanan darah tinggi.

Magnesium adalah makanan super untuk otak. Namun, saat makan labu, kebanyakan dari kita hanya mengonsumsi bagian buahnya saja, lalu membuang bijinya.

Mulai sekarang, jangan buang biji labu begitu saja. Sangat disayangkan jika biji labu ini tidak kamu konsumsi.

Baca juga: Manfaat Penting Biji Labu bagi Kesehatan Tubuh

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Treehugger
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.