Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lego Rilis Model Pesawat Ulang Alik Discovery Lengkap dengan Teleskop Hubble

Kompas.com - 24/03/2021, 12:13 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Lego telah beberapa kali membuat mainan yang terinspirasi dari benda sesungguhnya, mulai dari berbagai jenis mobil, kendaraan, hingga bangunan.

Kali ini perusahaan asal Denmark itu meluncurkan koleksi yang akan membuat gembira para penggemar antariksa, yakni Lego NASA Space Shuttle Discovery set, berisi pesawat ulang alik lengkap dengan teleskop Hubble yang dibawanya.

Lego set terbaru ini merupakan rekonstruksi mendetail dari pesawat ulang-alik STS-31 Discovery yang diluncurkan pada April 1990. Pesawat ulang-alik Discovery dan 5 awaknya ini adalah yang pertama mengorbitkan teleskop Hubble ke luar angkasa.

Sejak diluncurkan, teleskop Hubble telah memberikan banyak gambaran tentang ruang angkasa yang menjadi dasar terobosan dalam bidang astrofisika dan eksplorasi ruang angkasa.

Peluncuran Lego set ini adalah penghormatan kepada momen perintis dalam sejarah ruang angkasa dan sekaligus memperingati ulang tahun ke-40 penerbangan pesawat ulang-alik pertama di dunia pada 12 April 1981.

Lego NASA Space Shuttle DiscoveryLego Lego NASA Space Shuttle Discovery
Lego NASA Space Shuttle Discovery terdiri dari 2.354 balok Lego dan merupakan replika dengan perbandingan 1:70 dari pesawat ulang-alik Discovery yang sesungguhnya, lengkap dengan peralatan pendaratan dan pintu pesawat yang bisa terbuka.

Desain pintu pesawat juga dilengkapi stiker reflektif untuk meniru radiator pendingin seperti pada pesawat ulang-alik yang sebenarnya.

Bagian belakang pesawat Discovery memiliki tiga mesin utama yang digunakan untuk meluncur ke orbit.

Bagian ini diapit di kedua sisi ekor oleh mesin yang lebih kecil yang dirancang untuk melakukan manuver saat berada di orbit maupun untuk keluar dari orbit dan masuk kembali ke atmosfer Bumi.

Lego ini juga dilengkapi kontrol penerbangan di tepi belakang sayap dan ekor yang digunakan untuk mengendalikan pergerakan pesawat secara vertikal, naik, turun maupun berputar seperti pada pesawat terbang.

Baca juga: Lego Bikin Roket NASA Apollo Saturn V Ukuran XL

Lego NASA Space Shuttle DiscoveryLEGO Lego NASA Space Shuttle Discovery
Bukan hanya eksterior yang seperti aslinya, interior dari dek penerbangan, dek tengah, dan pintu kompartemen kargo juga dibuat sesuai pesawat sebenarnya yang pasti akan menyenangkan penggemar ruang angkasa.

Kabin kru memiliki lima kursi sesuai dengan jumlah astronot dalam misi STS-31, lengkap dengan penerbang dan lengan robot (Remote Manipulator System, atau RMS) serta panel kontrol.

Sementara itu di tengah dek berisi loker penyimpanan pesawat untuk kebutuhan dan peralatan misi, ruang untuk lima anggota kru dan airlock ke kompartemen kargo.

Kompartemen kargo berisi antena Ku-band untuk komunikasi, kamera bagi kru untuk memantau operasi di dalam kompartemen, dan lengan RMS yang siap untuk menahan dan melepaskan teleskop Hubble saat melaksanakan misinya.

Teleskop Hubble pada Lego NASA Space Shuttle DiscoveryLego Teleskop Hubble pada Lego NASA Space Shuttle Discovery
Koleksi LEGO set yang detail juga diterapkan pada teleskop luar angkasa Hubble, dengan cermin berengsel seperti aktual teleskop, susunan panel surya berwarna emas serta desain silver metalik yang reflektif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com