Kompas.com - 24/03/2021, 18:10 WIB
Ilustrasi kucing sedang menggaruk tubuhnya. SHUTTERSTOCK/ESIN DENIZIlustrasi kucing sedang menggaruk tubuhnya.

KOMPAS.com - Memelihara kucing dan tanaman di rumah kerap mendatangkan dilema. Pasalnya kucing sering buang air di pot atau malah merusakkan tanaman yang sudah ditata dengan indah.

Ini bisa terjadi ketika setiap penghuni rumah memiliki kesukaan yang berbeda. Satu lebih suka memelihara kucing, lainnya mungkin lebih memilih hobi bertanam.

Sayangnya perilaku peliharaan kita kadang-kadang mendatangkan masalah sehingga orang rumah tidak suka. Misalnya saja menggali tanah atau media tanam di pot tanaman hias.

Belum lagi kotoran kucing yang bisa membuat tanaman layu dan akhirnya mati.

Beberapa kucing juga kerap menggigit dan mengunyah dedaunan meski tak jelas alasannya. Bayangkan jika tanaman yang dikunyah merupakan jenis monstera berharga mahal atau yang tunasnya sudah ditunggu begitu lama.

Tentu saja ini sangat mengesalkan.

Meski demikian, tidak mustahil bagi kucing dan tanaman hias untuk hidup bersisian dengan akur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Jangan Dekatkan Kucing dengan Tanaman Hias Ini

Pahami cara menjauhkan kucing tersayang dari tanaman agar kehidupan di rumah bebas konflik. Berikut adalah tips yang dilansir dari iplant.id pada Kamis (24/03/2021) antara lain:

  • Ampas kopi dan kulit jeruk

Kucing menyalahartikan tanah yang ada di pot tanaman sebagai tempat untuk buang air. Karena itu, samarkan aroma tanah dengan menaburkan campuran ampas kopi dan kulit jeruk di atasnya.

Aroma dari campuran keduanya tidak disukai kucing sehingga hewan itu akan mencari lokasi lain untuk buang air. Selain itu, ampas kopi bisa dijadikan pupuk alami bagi tanaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X