Kompas.com - 24/03/2021, 18:33 WIB
Ilustrasi pasangan suami istri. PEXELS/ANDREA PIACQUADIAOIlustrasi pasangan suami istri.

KOMPAS.com - Membangun kembali kepercayaan terhadap pasangan yang pernah berselingkuh mungkin membutuhkan perjuangan yang tidak mudah. Apalagi ada anggapan orang yang selingkuh selamanya tidak akan setia.

Perselingkuhan memang menyebabkan rasa tidak aman yang cenderung membuat kita ingin langsung mengakhiri hubungan tersebut.

Kendati demikian, kita tidak perlu takut. Seorang psikolog klinis, Alexandra Solomon, PhD mengatakan, bahwa kita masih bisa memperbaiki hubungan menjadi lebih baik.

Misalnya, dengan memberikan beberapa pertanyaan yang memastikan dia dapat mempraktikkan kesetiaan atau membuktikan integritas dalam hubungannya di masa mendatang.

Pastikan juga untuk menjalani proses ini dengan cinta, bukan kemarahan atau ketakutan di garis depan.

"Ketakutan kita bisa dimengerti, tetapi menuduh kemungkinan besar akan membuat pasangan bersikap defensif, sehingga kita tidak bisa mendapatkan kepastian darinya," terangnya.

Baca juga: Ketahui Tanda Pasangan Selingkuh di Media Sosial

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat sedang mendengarkan jawaban dari pasangan, Solomon menyarankan kita untuk mencari tanda-tanda tentang seberapa sadar diri ia mengatakannya.

"Kesadaran diri relasional didefinisikan sebagai hubungan penuh rasa ingin tahu, serta penuh kasih yang kita miliki dengan diri sendiri sehingga menciptakan fondasi untuk hubungan intim yang bahagia dan sehat," ungkapnya.

Selain itu, dia melanjutkan, orang-orang yang memiliki kesadaran diri secara relasional akan mengakui perselingkuhannya dan bertanggung jawab atas tindakan mereka, serta mau belajar dari kesalahan.

Di sisi lain, orang yang kurang kesadaran diri relasional mungkin gagal menyebutkan perselingkuhannya sampai terungkap dengan cara lain dan menyalahkan keadaan.

Oleh sebab itu, apabila pasangan kita tampaknya kurang memiliki kesadaran diri relasional atau terlihat meremehkan, maka kita perlu berhati-hati.

Baca juga: 8 Alasan Utama Mengapa Pasanganmu Bisa Selingkuh

"Ada kemungkinan yang lebih besar orang-orang tidak akan berselingkuh lagi jika mereka melakukan mau mengevaluasi diri," kata psikolog klinis, Karla Ivankovich, PhD.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.