Kompas.com - 25/03/2021, 11:19 WIB
Baking soda dan baking powder sama-sama sering digunakan untuk memasak, terutama membuat kue. Tapi baking soda dan baking powder ternyata punya fungsi berbeda. PEXELS/NICOLE MICHAOLUBaking soda dan baking powder sama-sama sering digunakan untuk memasak, terutama membuat kue. Tapi baking soda dan baking powder ternyata punya fungsi berbeda.

KOMPAS.com - Baking soda adalah bahan dapur yang sering disertakan dalam resep memasak. Begitu pula dengan baking powder.

Keduanya memiliki nama yang mirip, oleh karena itu sering dikira sama padahal keduanya berbeda.

Lalu, apa perbedaan baking soda dan baking powder?

Baking soda

Baking soda atau soda kue adalah bahan yang kerap digunakan di dalam bahan makanan yang dipanggang, seperti kue dan biskuit.

Menurut Healthline, secara formal baking soda dikenal sebagai natrium bikarbonat dan merupakan bubuk kristal putih yang secara alami bersifat basa.

Baking soda akan menjadi aktif ketika dicampur dengan bahan atau cairan asam.

Setelah aktivasi, bahan ini akan memproduksi karbon dioksidan dan manfaat baking soda adalah membuat makanan yang dipanggang menjadi ringan dan empuk.

Itulah mengapa resep yang menyertakan baking soda sering kali juga mencantumkan bahan asam, seperti buttermilk atau jus lemon.

Baca juga: 4 Bahan Ini Bisa Jadi Pengganti Baking Soda

Baking powder

Tak seperti baking soda, baking powder adalah zat ragi lengkap. Maksudnya, bahan ini mengandung basa (natrium bikarbonat) dan asam yang dibutuhkan agar makanan bisa mengembang.

Tepung jagung juga biasanya ditemukan di dalam bubuk pengembang. Tepung jagung ini ditambahkan sebagai penyangga untuk mencegah asam dan basa aktif selama penyimpanan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X