Kompas.com - 25/03/2021, 16:14 WIB
Foto dirilis Selasa (16/3/2021), memperlihatkan petani membersihkan biji kopi arabika Gayo yang baru dipanen sebelum proses penjemuran di Takengon, Aceh Tengah, Aceh. Pandemi Covid-19 yang juga telah merambah dataran tinggi Gayo di Aceh tidak menyurutkan semangat para petani kopi arabika di daerah itu untuk terus meningkatkan produksi yang permintaannya kembali meningkat di pasar internasional. ANTARA FOTO/IRWANSYAH PUTRAFoto dirilis Selasa (16/3/2021), memperlihatkan petani membersihkan biji kopi arabika Gayo yang baru dipanen sebelum proses penjemuran di Takengon, Aceh Tengah, Aceh. Pandemi Covid-19 yang juga telah merambah dataran tinggi Gayo di Aceh tidak menyurutkan semangat para petani kopi arabika di daerah itu untuk terus meningkatkan produksi yang permintaannya kembali meningkat di pasar internasional.

KOMPAS.com - Kopi Indonesia dengan mutu tertinggi masuk dalam kategori kopi paling mahal di dunia.

Harga kopi specialty asal Indonesia bisa mencapai 8,5 sampai 11 dollar AS per kilogram atau antara Rp 122 ribu hingga Rp 160 ribu, sebanding dengan kopi Ethiopia yang diklaim sebagai kopi bercitarasa terbaik di dunia.

Kualitas kopi dari petani di Indonesia sudah sangat mendunia. Sejumlah perusahaan besar menjadikan kopi lokal kita sebagai bahan utama wajib dalam produksi pabriknya.

Ketua Speciality Coffee Association of Indonesia (SCAI), Daryanto Witarsa mengatakan, kopi Indonesia secara kualitas sebenarnya sudah sangat baik. Terbukti harganya pernah sangat tinggi di pelelangan.

"Kisaran kopi specialty bisa sampai 11 dolar AS untuk kopi natural Jawa Barat," terangnya dalam jumpa media acara Cup of Excellence (COE) 2021 yang digelar secara daring pada Kamis (25/03/3021).

Ia menguraikan jika harga ini jauh lebih tinggi dibandingkan kopi Kolombia, salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia. Harga tersebut juga setara dengan kopi dari Ethiopia khususnya di kelas biji kopi istimewa.

Meski demikian, ia mengatakan jika kualitas yang ditawaran oleh kopi lokal masih kurang konsisten. Citarasa dan aromanya bisa saja berbeda meski ada dalam satu karung yang sama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adi W. Taroepratjeka dari 5758 Coffee Lab mengatakan jika selama ini kopi Indonesia memang dikenal paling mahal, bahkan tergolong sebagai yang paling tinggi harganya di dunia.

Prestasi tertinggi yang pernah dicapai di pelelangan yakni senilai Rp 1 juta per kilogram. Harga tersebut ditebus untuk jenis kopi robusta beberapa tahun silam.

Harga yang tinggi juga berlaku untuk biji kopi hijau yang bisa mencapai kisaran 6 dollar AS sampai 7 dollar AS per kilogram. "Kopi hijau asal Pangalengan, Bandung itu harganya di kisaran Rp 80.000 sampai Rp 100.000," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X