Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Kopi Indonesia Paling Mahal di Dunia, Benarkah?

Kompas.com - 25/03/2021, 16:14 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kopi Indonesia dengan mutu tertinggi masuk dalam kategori kopi paling mahal di dunia.

Harga kopi specialty asal Indonesia bisa mencapai 8,5 sampai 11 dollar AS per kilogram atau antara Rp 122 ribu hingga Rp 160 ribu, sebanding dengan kopi Ethiopia yang diklaim sebagai kopi bercitarasa terbaik di dunia.

Kualitas kopi dari petani di Indonesia sudah sangat mendunia. Sejumlah perusahaan besar menjadikan kopi lokal kita sebagai bahan utama wajib dalam produksi pabriknya.

Ketua Speciality Coffee Association of Indonesia (SCAI), Daryanto Witarsa mengatakan, kopi Indonesia secara kualitas sebenarnya sudah sangat baik. Terbukti harganya pernah sangat tinggi di pelelangan.

"Kisaran kopi specialty bisa sampai 11 dolar AS untuk kopi natural Jawa Barat," terangnya dalam jumpa media acara Cup of Excellence (COE) 2021 yang digelar secara daring pada Kamis (25/03/3021).

Ia menguraikan jika harga ini jauh lebih tinggi dibandingkan kopi Kolombia, salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia. Harga tersebut juga setara dengan kopi dari Ethiopia khususnya di kelas biji kopi istimewa.

Meski demikian, ia mengatakan jika kualitas yang ditawaran oleh kopi lokal masih kurang konsisten. Citarasa dan aromanya bisa saja berbeda meski ada dalam satu karung yang sama.

Adi W. Taroepratjeka dari 5758 Coffee Lab mengatakan jika selama ini kopi Indonesia memang dikenal paling mahal, bahkan tergolong sebagai yang paling tinggi harganya di dunia.

Prestasi tertinggi yang pernah dicapai di pelelangan yakni senilai Rp 1 juta per kilogram. Harga tersebut ditebus untuk jenis kopi robusta beberapa tahun silam.

Harga yang tinggi juga berlaku untuk biji kopi hijau yang bisa mencapai kisaran 6 dollar AS sampai 7 dollar AS per kilogram. "Kopi hijau asal Pangalengan, Bandung itu harganya di kisaran Rp 80.000 sampai Rp 100.000," ujarnya.

Angka ini berkali lipat jika dibandingkan kopi sejenis dari Brazil yang hanya mencapai 2 dollar AS sampai 3 dollar AS per kilogram.

Ia juga menambahkan, persoalan saat ini bukan lagi soal angkanya namun bagaimana menjustifikasi harganya yang mahal itu.

Hal ini yang coba dilakukan dengan gelaran COE untuk membawa biji-biji kopi unggulan Indonesia langsung berhadapan dengan pembeli-pembeli khusus kopi berkualitas di dunia.

Ekspor kopi Indonesia selama ini mayoritas merupakan jenis robusta dengan tujuan Eropa. Selain itu petani lokal juga mengirim kopi arabika yang kebanyakan dikonsumsi di pasar Amerika.

Sedangkan untuk jenis kopi liberika dengan ciri khas beraroma nangka ini kebanyakan diserap pasar Asia Tenggara. Malaysia dan Filipina disebut sebagai dua negara paling banyak yang mengimpor kopi ini dari Indonesia.

Baca juga: Pilihan Kopi Favorit Bisa Ungkap Kepribadian, Yuk Cari Tahu!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com