Kompas.com - 25/03/2021, 17:33 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Berbicara tentang kesehatan kulit, ada satu hal yang tidak begitu familiar bagi kebanyakan orang tapi sebenarnya penting yakni lipid atau lemak alami kulit.

Dermatolog Dr. Frederic Haberman mengatakan, lipid merupakan komponen penting berperan menjaga kekuatan pelindung kulit.

Selain itu, lipid juga berfungsi menahan kelembapan, melindungi kulit dari kerusakan, serta menjaga keluarnya kotoran. Lipid memiliki keterkaitan dengan kolesterol-ceramide.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Kulit Kering Saat Musim Hujan

Kolesterol adalah lipid yang membantu mempercepat pemulihan penghalang kulit dan meningkatkan elastisitas kulit,” kata Dr. Haberman kepada New Beauty.

“Penuaan kulit yang terlihat seringkali disebabkan oleh kekurangan kolesterol pada kulit," kata dia.

Haberman menjelaskan, ceramide adalah salah satu jenis lipid yang terbukti dapat meningkatkan fungsi hidrasi dan pelindung kulit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kurangnya jumlah ceramide merupakan penyebab utama kulit kering. Namun seiring bertambahnya usia, produksi lipid juga mengalami penurunan.

"Hal ini menyebabkan tekstur permukaan kulit menjadi kasar, terasa tidak nyaman, kusam, dan membuat wajah tidak terlihat kencang," kata Dr. Haberman.

Dia menekankan, kolesterol pada kulit berbeda dari kolesterol yang ditemukan dalam darah. Banyaknya kolesterol atau lipid pada kulit tidak memengaruhi tekanan darah.

Lipid dapat ditemukan pada lapisan stratum korneum yang terdapat di epidermis kulit. Lapisan ganda pada lipid menyatukan sel-sel kulit mati dan memerangkap air.

Baca juga: Make Over Perkenalkan “Cushion” untuk Kulit Kering

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.