Kompas.com - 26/03/2021, 09:09 WIB
Terlalu banyak menghabiskan waktu di platform media sosial kerap dikaitkan dengan depresi, kecemasan, dan stres. UNSPLASH/DOLE777Terlalu banyak menghabiskan waktu di platform media sosial kerap dikaitkan dengan depresi, kecemasan, dan stres.

KOMPAS.com - Model Chrissy Teigen menghapus akun Twitter miliknya karena kerap menerima kritik yang memengaruhi kesehatan mentalnya.

Langkah ini cukup mengejutkan bagi penggemar, apalagi Chrissy adalah figur yang sudah lama aktif di platform tersebut.

Tapi, ia tidak sendiri. Faktanya, sudah ada beberapa pesohor yang melakukannya lebih dulu.

Pamela Anderson, misalnya, pada Januari lalu memutuskan untuk berhenti mengunggah konten di Instagram, Twitter dan Facebook.

Sementara Elon Musk pada Februari kemarin mengatakan akan jeda dari Twitter dan Alec Baldwin menonaktifkan akun Twutter pada awal Maret karena merasa banyak orang mengasarinya, dan masih banyak figur lainnya.

Baca juga: Chrissy Teigen Hapus Akun Twitter, Ternyata Ini Sebabnya

Media sosial memang memiliki banyak manfaat. Tetapi, terlalu banyak menghabiskan waktu di platform media sosial juga berkaitan dengan depresi, kecemasan, dan stres.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut chief medical officer pusat perawatan adiksi All Points North Lodge, Dr. Shahla Modir mengatakan, kondisi tersebut bisa membuat seseoang membangun hubungan tidak sehat dengan media sosial

Pakar kesehatan digital Mark Ostach mengatakan media sosial juga bisa menyebabkan trauma digital pada beberapa orang akibat secara intens menerima paparan informasi tertentu.

Lalu, bagaimana kita tahu kapan waktu yang tepat untuk jeda medsos?

Tak semua orang memerlukan jeda medsos.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.